Harga Daging Ayam dan Bawang Putih Berpotensi Turun, Bulan Juni Sumut Inflasi dan Diperkirakan Lanjut di Bulan Juli

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Pengamat Ekonomi Gunawan Benjamin mengatakan Sumut membukukan inflasi sebesar 0.31% pada bulan Juni secara month on month. Lebih rendah dari ekspektasi paling optimis saya sebelumnya dimana Sumut akan membukukan inflasi sebesar 0.37%.

“Harga daging ayam, cabai, dan telur ayam, bawang putih dan sawi putih menjadi penyumbang inflasi terbesar. Dan untuk bulan Juli ini daging ayam, telur ayam dan bawang putih berpeluang menciptakan deflasi. Sementara cabai merah dan cabai rawit sangat berpeluang mencetak inflasi besar selama bulan Juli nantinya,” kata Benjamin di Medan, Sumatera Utara, Senin (3/7/2023).

Menurutnya, hal ini sesuai dengan perhitungan besaran indeks yang saya kembangkan untuk beberapa komoditas pangan. Seperti komoditas cabai, dimana nilai indeksnya menunjukan angka di bawah 100. Dimana gairah petani cabai menurun akibat harga yang terlalu murah sebelumnya. Ditambah dengan cuaca dan kenaikan biaya input produksi membuat indikator harga cabai mengalami kenaikan besar selama bulan juni kemarin.

“Namun, potensi kenaikan harga cabai masih berpeluang terjadi selanjutnya seiring dengan masih rendahnya angka indeks yang dibawah 100. Pada hari ini saja harga cabai merah naik dalam rentang 38 ribu hingga 46 ribu rupiah per Kg nya. Padahal di akhir pekan sebelumnya masih di kisaran 35 hingga 40 ribu per Kg. Selain cabai merah, harga cabai rawit juga perlahan naik di kisaran 26 ribu per Kg saat ini,” jelas Benjamin.

Lanjut Benjamin, untuk harga daging ayam di awal pekan ini mengalami penurunan, meskipun sejauh ini masih bertahan dalam rentang 35 hingga 38 ribu per Kg nya. Padahal menjelang Idul Adha kemarin harga daging ayam sempat naik hingga menyentuh 40 ribu per Kg nya. Pendorong kenaikan harga daging ayam tersebut dipicu oleh tingginya permintaan.

“Saya melihat harga daging ayam berpeluang turun dalam waktu dekat. Gairah peternak dan penurunan harga pakan menjadi pendorong kemungkinan penurunan harga dalam waktu dekat. Sejauh ini besaran angka indeksnya juga diatas 100 yang menunjukan adanya potensi kenaikan produksi. Hingga akhir bulan juli ini harga daging ayam berpeluang berada dalam rentang 31 hingga 38 ribu per Kg,” keta Benjamin.

Sementara itu, jelas Benjamin, harga telur ayam juga terpantau mengalami penurunan tipis 200 per Kg menjadi 28.700 per Kg mengacu kepada PIHPS. Dengan mengacu kepada besaran biaya input produksi ditambah dengan faktor cuaca, saya menilai telur ayam dan daging ayam lebih berpeluang mendorong deflasi di bulan ini. Dengan catatan tidak ada variabel yang merubah permintaan secara tiba tiba.

“Selain telur dan daging ayam, harga bawang putih yang saat ini dijual di kisaran 35 hingga 39 ribu per Kg juga berpeluang mengalami penurunan. Dan akan menyumbang deflasi pada bulan Juli. Namun secara keseluruhan, harga cabai masih berpeluang mendorong realisasi inflasi pada Juli di Sumut,” jelas Benjamin. (red)

- Advertisement -

Berita Terkini