IHSG dan Rupiah ke Zona Merah

IHSG dan Rupiah
Net/Ilustrasi

MUDANEWS.COM, Medan – Sempat dibuka menguat, IHSG langsung berbalik ke zona merah. IHSG sempat naik tipis di level 6.374,76. Namun sempat terkoreksi tipis, dan sejauh ini masih berkutat di level penutupan perdagangan akhir pekan lalu.

“IHSG tidak begitu banyak berubah di menit-menit awal perdagangan hari ini. Sementara sejumlah bursa di Asia juga relatif tidak banyak berubah kinerjanya dibandingkan penutupan perdagangan sebelumnya,” ujar Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin di Medan, Sumatera Utara, Senin (15/3/2021).

Awal pekan ini, kata Benjamin, akan ada data ekspor impor sebagai data pembuka dari tanah air. Data ini memang lebih sulit diproyeksikan dibandingkan dengan data lainnya. Tetapi saya berpendapat Indonesia masih akan mengalami surplus. Walaupun tren surplus ini tentunya juga akan lebih mempertimbangkan kinerja neraca perdagangan dari dua sisi, yakni ekspor dan impornya.

Sementara itu, sambungnya, mata uang rupiah juga terpantau melemah di perdagangan pagi ini. Rupiah berkutat di kisaran level 14.400 per US Dolar. Tren penguatan US Dolar masih berlanjut meskipun ada gelontoran stimulus fiscal di AS.

“Rupiah bisa saja tertekan dalam jika laju kenaikan impor lebih tinggi dari ekspor dalam lampiran data neraca dagang kita pada hari ini,” jelas Benjamin. (red)