Awal Pekan, IHSG dan Rupiah Mengalami Pelemahan

Awal Pekan
Net/Ilustrasi

MUDANEWS.COM, Medan – Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG di sesi pembukaan perdagangan pekan ini ditutup melemah 0.53% di level 6.324,26. Sejumlah bursa di Asia pada dasarnya bergerak mixed dan ditutup beragam. Ada tekanan namun tidak begitu besar sehingga membuat sejumlah bursa terpaksa ditutup di zona merah.

“Disisi lain, kinerja mata uang rupiah ditutup melemah di level 14.402 per US Dolar. Pelaku pasar sementara ini lebih memilih bersikap wait and see, menunggu data maupun kebijakan ekonomi yang akan diambil oleh sejumlah Bank Sentral di negara besar,” papar Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin di Medan, Sumatera Utara, Senin (15/3/2021).

Diungkapkan Benjamin, data ekspor impor nasional sepertinya belum memberikan dampak yang besar terhadap kondisi pasar. Peningkatan ekspor dan impor selama Februari 2021, memang menunjukan adanya pemulihan ekonomi global. Tetapi data tersebut tidak cukup mendorong kinerja indeks saham maupun rupiah pada perdagangan hari ini.

“Hal ini lebih dikarenakan dominannya sentiment eksternal serta fokus pasar terhadap perubahan suku bunga acuan di pekan ini. Gejala pemulihan tidak lantas membuat pasar keuangan merespon positif. Justru tekanan akibat potensi pembalikan modal saat ini sudah mulai terlihat, walaupun belum terkonfirmasi 100%,” ujarnya. (red)