Menutup Akhir Pekan, Rupiah dan IHSG Mengecewakan

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Indeks Harga Saham Gabungan atau IHSG di akhir pekan ditutup melemah tajam. IHSG terpuruk 1.66% di level 6.307,13. Kinerja IHSG terpukul seiring dengan masih buramnya prosfek pemulihan ekonomi di dunia. Harapan akan terjadinya “keajaiban” di era pemerintahan AS yang baru belum terlihat hingga sejauh ini. Pekan ini menjadi pekan yang sangat volatile dimana rata-rata IHSG membukukan kinerja yang memburuk.

“Meskipun turun, tetapi investor asing pada akhir pekan masih mampu membukukan posisi beli bersih atau net buy sebanyak 137,7 Milyar. Posisi net buy tersebut tidak banyak menolong IHSG. Bursa di Asia yang banyak diperdagangkan di zona merah menjadi pemicu melemahnya kinerja bursa saham nasional,” imbuh Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin di Medan, Sumatera Utara, Jumat (22/1/2021).

Untuk kinerja mata uang rupiah, pergerakannya juga sama. Mengalami pelemahan setelah sempat dibuka menguat pada sesi pembukaan. Rupiah ditutup di level 14.035 per US Dolarnya. Kinerja apasar keuangan secara keseluruhan di akhir pekan ini ditutup mengecewakan.

“Kedepan, fokus pasar akan tertuju pada sejmlah data ekonomi. Dan tentunya akan dihantui dengan data penambahan jumlah pasien Covid-19, yang sejauh ini masih terus saja memburuk. Perkembangan terkait Covid-19 akan terus mewarnai perdagangan dalam waktu dekat yang diperkriakan akan lebih banyak merugikan investor nantinya,” ujarnya.

- Advertisement -

Berita Terkini