Asing Masuk, IHSG Malah Turun

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Kinerja bursa saham ditutup melemah tipis 0.11% di level 6.428,32. Sementara Rupiah stabil, dan hanya ditutup menguat 1 poin di level 14.059 per US Dolar.

“Sepanjang perdagangan Rupiah sempat melemah hingga mendekati level 14.100 per US Dolar. Sementara untuk IHSG, sempat berada di dua zona namun harus berakhir di teritori negatif,” imbuh Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin di Medan, Sumatera Utara, Kamis (14/1/2021).

Di pasar saham kinerja indeks saham yang turun justru tidak sejalan dengan posisi asing yang membukukan posisi beli bersih 2.8 Trilyun. Asing yang biasanya kalau masuk IHSG nya mengalami penguatan. Namun justru pada perdagangan hari ini sebaliknya. Terjadi koreksi tipis di tengah aksi beli asing tersebut.

“Kinerjanya tidak seperti biasanya. Secara teknikal memang koreksi pada IHSG sangat memungkinkan. Akan tetapi pelaku pasar juga tidak sepenuhnya melihat adanya tekanan hebat yang bisa menekan kinerja IHSG. Karena sejauh ini banyak sentiment positif di pasar,” ujarnya.

Untuk mata uang rupiah, tekanan belakangan mereda. Akan tetapi rupiah diyakini masih akan sulit untuk menguat di bawah 14.000 per US Dolar hingga perdagangan akhir pekan nantinya. “Kondisi mata uang rupiah diperkirakan akan bergerak sideways dan berkonsolidasi di kisaran 14.000 hingga penutupan perdagangan akhir pekan ini,” ujar Benjamin. (red)

- Advertisement -

Berita Terkini