TPID Panombean, Selenggarakan Pelatihan PSDM

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Simalungun – Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) Kecamatan Panombean Pane Kabupaten Simalungun menyelenggarakan pelatihan inovasi Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) pada Senin 28 Oktober 2019 sebagai tindak lanjut kegiatan Program Inovas Desa 2019 di Nagori Bosar.

Dalam laporannya Ketua TPID Panombean Pane, Abdi Sugiarto menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan PSDM untuk meningkatkan kapasitas Kader Pembangunan Manusia (KPM). “Peserta pelatihan sebanyak 22 orang, yang berasal dari 11 nagori se Kecamatan Panombean Pane,” jelasnya.

Kegiatan pelatihan dibuka oleh Sekretaris Camat Panombean Pane didampigi Kasi PMN, turut hadir para Pendamping Profesional (PDP, PDTI, dan PLD). Peserta sangat antusias mengikuti kegiatan pelatihan yang disampaikan oleh Narasumber.

Fasilitasi konvergensi dimaksud berupa pendampingan kepada Pemerintahan Desa dan masyarakat Desa untuk mengarahkan pilihan penggunaan Dana Desa kepada kegiatan-kegiatan pembangunan Desa yang berdampak langsung pada percepatan pencegahan stunting yang dikelola secara terpadu dengan sumber-sumber pembiayaan pembangunan lainnya.

“Pendampingan dalam pencegahan stunting di Desa dilakukan oleh tenaga pendamping masyarakat Desa dan Kader Pembangunan Manusia (KPM). Namun demikian kegiatan pendampingan dimaksud juga dimungkinkan dilakukan oleh berbagai pegiat pembangunan dan pemberdayaan masyarakat Desa,” kata Sekcam.

Untuk itu pada hari ini Bapak/Ibu Kaur Pemerintahan Nagori dan Kader Pembangunan Manusia dilatih, Sekcam Panombean Pane menambahkan.

Jansarman Saragih, SE, narasumber dari Dinas PMPN Kabupaten Simalungun menyampaikan materi “Perencanaan Kegiatan Konvergensi Stunting di desa” dan materi “Pengorganisasian Pelaku Konvergensi Pencegahan Stunting di desa”.

Tenaga Ahli P3MD Kabupaten Simalungun, Arjuna juga turut menyampaikan materi, yaitu “Stunting, Dampak dan Pencegahanya” serta materi “Pengenalan Tikar Pertumbuhan & Pemantauan Layanan Konvergensi Stanting di Desa”.

Diakhir kegiatan peserta dipandu pemateri menyusun RKTL Kegiatan Konvergensi Penanganan Stunting, pada penutupan pelatihan, Pangulu Nagori Bosar Bapak Sofian sebagai tuan rumah meyampikan sambutan. Berita Simalungun, red

- Advertisement -

Berita Terkini