Bursa Inovasi Desa 2019, Tingkatkan Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Simalungun – Penjelasan singkat mekanisme Bursa Pertukaran Inovasi disampaikan oleh Arjuna, TA-PP P3MD Kabupaten Simalungun.

“Program Inovasi Desa bertujuan untuk meningkatkan kapasitas Desa sesuai amanat Undang-undang Desa. BID dilaksanakan untuk membantu Desa dalam meningkatkan kualitas kegiatan-kegiatan pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat yang akan didanai oleh Dana Desa dengan menyajikan inspirasi dan alternatif pilihan kegiatan-kegiatan bagi pembangunan Desa dan pemberdayaan masyarakat yang dinilai inovatif dan terbukti berhasil,” terang Arjuna.

Setelah pemutaran video hasil capturing, peserta dipandu ke ruang bursa untuk pertukaran pengetahuan, mendapat referensi kegiatan pembagunan desa dan pemberdayaan masyarakat yang inovatif, serta menjaring inovasi lain dan menjaring komitmen replikasi diakhiri dengan pengisian Kartu Komitmen dan Kartu Inovasi Desaku (IDE).

Berdasarkan data panitia BID, kartu komitmen yang terjaring pada Bursa Pertukaran Inovasi Klaster 2 Simalungun sebanyak 48 Nagori berkomitmen untuk mengadopsi Inovasi pada menu yang tersedia dari berbagai kegatan Infrastruktur, Kewirausahaan/Ekonomi, dan Sumber Daya Manusia. Pada sesi terakhir, setelah panitia melaporkan rekapitulasi hasil BID, kegiatan ditutup secara resmi oleh Camat Bandar selaku tuan rumah kegiatan BID Klaster 2. #SalamInovasi Berita Simalungun, red

- Advertisement -

Berita Terkini