Rektor Universitas Samudera Sampaikan Pesan kepada Peserta Mitigasi Bencana

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Aceh Tamiang – Rektor Universitas Samudera (Unsam) mengunjungi SMP Negeri 2 Kuala Simpang mereka menjadi pembicara kegiatan pelajar siaga Bencana di tiga Sekolah pada kabupaten Aceh Tamiang, Kamis (22/9/2022).

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Unsam yang bekerjasama dengan BPBD Langsa, Provinsi Aceh di sekolah SMP, Muhammad Diyah dan Semip Kuala Simpang kepada puluhan siswa dan siswi.

Kegiatan ini dibagi menjadi dua sesi yaitu sesi pertama pemaparan materi edukasi pengenalan bencana alam baik banjir, tsunami, gunung longsor dan gempa yang dipaparkan oleh Rektor Unsam Dr Ir Hamdani MT melalui kepala UPT Laboratorium Unsam Dr T Hasan Basri SPd MPd.

Selanjutnya Kepala UPT Laboratorium Unsam Hasan Basri ikut penyampaian materi menggunakan bahasa yang mudah dimengerti oleh anak-anak serta diselingi dengan Sholawat Nabi Muhammad SAW.

Pemaparan bencana hingga tanya jawab mengenai mitigasi bencana. “Dengan materi mitigasi bencana sejak dini diharapkan mereka dapat lebih siap dan siaga dalam menghadapi bencana yang akan terjadi,” tutup Kepala UPT.

Kepala UPT Laboratorium Unsam Hasan Basri

Rektor Unsam Dr Ir Hamdani MT melalui kepala UPT menyampaikan amanah kepada siswa siswi yang mengikuti mitigasi Bencana untuk mengikuti kegiatan mitigasi sebaik-baiknya, ikuti cara yang dipaparkan oleh tim pelaksana kegiatan.

“Dimasa melakukan kegiatan belajar mengajar dibangku sekolah teruslah berjuang meraih prestasi dan impian yang dicita-citakan,” pungkas T Hasan Basri.

Selanjutnya Kepala Pelaksana BPBD Kota Langsa Nursal Syahputra, melalui Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi Ir T Ismail Manyak MT mengatakan suatu percikan api yang menyentuh bahan yang mudah terbakar secepatnya membesar.

“Maka dari itu secepatnya antisipasi pencegahan kebakaran, melakukan pemeriksaan dan pertolongan dengan mengamankan barang dan alat mudah terbakar, menggunakan kain basah untuk menutup bahagian yang terbakar agar tidak menjadi api besar,” tandas Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Kota Langsa.

Selanjutnya sesi kedua mengenai edukasi kebakaran yang dilanjutkan dengan simulasi penanggulangan bencana kebakaran melalui alat pemadam api di lapangan terbuka yang difasilitasi oleh Kabid Kedaruratan, Pemadam Kebakaran, Kepala Sekolah, guru dan para siswa melakukan praktik langsung cara pemadaman api secara sederhana baik melalui karung basah dan alat pemadam api ringan (APAR).

“Kegiatan diharapkan dapat menambah pengetahuan dalam pengurangan risiko bencana,”  ungkap Kabid Damkar Marjoni SH yang diikuti 3 sekolah yaitu Muhammad Diyah Semip dan SMP Negeri 2 Kuala Simpang.

Pelatihan dan simulasi mitigasi bencana bagi siswa diikuti siswa SMP Negeri 2 Kuala Simpang, Siswi Muhammad Diyah dan siswa Semip.

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Tamiang Drs Abdul Muthalib, Kabid Damkar BPBD Langsa Marjoni SH, Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi, Ka UPT Laboratorium Dasar Unsam Dr T Hasan Basri SPd MPd, Kepala Sekolah SMP Negeri 2 Kuala Simpang dan seluruh personil BPBD Kota Langsa yang hadir. (Juli)

- Advertisement -

Berita Terkini