PTPN I Aceh Lakukan In House Training Sertifikasi Petugas Peran Kebakaran Kelas D Penanggulangan Pemadam Kebakaran

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Langsa – PTPN I bekerjasama dengan PT Fresh Galang Mandiri, Dinas Tenaga Kerja dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Langsa menggelar in House Training Sertifikasi Petugas Peran kebakaran kelas D Penanggulangan Pemadam Kebakaran kepada 25 Karyawan Direksi PT Perkebunan Nusantara I Aceh.

Direksi PT Perkebunan Nusantara I Aceh Ahmad Gusmar Harahap menugaskan kepada Karyawan Lingkup PTPN I untuk melaksanakan kegiatan ditempat unit kantor masing-masing secara Link Zoom.

Selanjutnya kepada peserta IHT sertifikasi Petugas Peran Kebakaran Kelas D agar memformat akun zoom yang digunakan dengan format asal perusahaan nama peserta dan mengirimkan screenshot keikutsertakan ke Email Sdmumum2022@gmail.com dan melakukan sharing session di unit tugas masing-masing, ini dikutip dari surat penugasan yang ditandatangani oleh Direksi PTPN I Ahmad Gusmar Harahap.

Kegiatan dijadwalkan selama tiga hari mulai, Senin-Rabu, 21–24, Maret 2022 dan kegiatan ini sangat perlu adanya Pemadam Kebakaran yang didukung oleh petugas yang memiliki pengetahuan dan keterampilan.

Pelatihan dan pendidikan sertifikasi petugas kebakaran yang diikuti oleh Security PTPN I sebagai peserta pelatihan untuk dapat memahami tentang peraturan. Karena perkantoran yang berada di PTPN I merupakan tempat dimana terdapat karyawan yang bekerja.

Adapun materi yang akan disampaikan adalah, Undang-Undang No tahun 1970, dasar-dasar K3, norma K3 Penanggulangan Bencana Kebakaran, pengetahuan prosudure menghadapi bahaya kebakaran evaluasi teman K3 dan materi lainnya.

PTPN I Aceh
PTPN I Aceh Lakukan In House Training Sertifikasi Petugas Peran Kebakaran Kelas D Penanggulangan Pemadam Kebakaran

Kabag SDM dan Umum, Dedy Mulyadi, Rabu (23/03/2024) kepada mudanews.com mengatakan pihak PTPN I selalu rutin melakukan pelatihan tanggap darurat untuk para Security. Mengingat Security merupakan garda depan yang mengetahui dan dapat mencegah kebakaran menjadi besar.

Selanjutnya, Kepala pelaksana BPBD Kota Langsa, Nursal Saputra SSTP MAP melalui Kepala Bidang Damkar BPBD Langsa Marjoni SH, Rabu (24/03/2021) mengatakan siap membantu kegiatan pelatihan tersebut.

“Kami siap membantu untuk kegiatan pelatihan berdasarkan surat permohonan PT Fresh Galang Mandiri Nomor :2389/Sp/FGM/III /2022, hal permohonan izin narasumber dan pedamping praktif, kepada Kepala BPBD Kota Langsa Cq, Kabid Kesiapsiagaan Pencegahan dan Pemadam Kebakaran.

“Pelatihan sertifikasi petugas peran kebakaran (Damkar kelas D), berdasarkan Keputusan Menteri Tenaga Kerja RI No : KEP-186/MEN/1999 tentang Unit Penanggulangan Kebakaran di Tempat Kerja, pengurus atau pengusaha wajib mencegah, mengurangi, dan memadamkan kebakaran. Pelatihan penanggulangan kebakaran di tempat kerja,” tambahnya.

“Mencegah, mengurangi dan memadamkan kebakaran ini maka diharapkan kepada seluruh peserta kegiatan pelatihan dan simulasi penanggulangan kebakaran untuk mengikuti dan memperhatikan cara melakukan Penagulan Bencana Kebakaran yang kita lakukan ini,” ungkap Marjoni SH, Kabid Damkar BPBD Kota Langsa.

Hadir pada kegiatan ini, Asisten Personalia Kebun Baru PTPN I Akob, Tim BPBD Kota Langsa
Kasubag SDM pengembangan Jaya Kusuma, Isrin staf khusus. Khairul, Staf Subbag SMK3, Staf Suf Keamanan dan Sosial, dan Fadli Amin sebagai Meneger Kebun Baru PTPN I.

Selanjutnya, Manager Kebun Baru Fadli Amin memberi sambutan dengan semangat. “Kepada peserta dapat melakukan kegiatan dengan lancar, kita mengharap perkebunan sawit kita agar lebih baik lagi dan pelatihan ini akan berkelanjutan dan kita lakukan pembenahan, peserta ini adalah ujung Tombak perusahaan dan apa yang diajarkan agar diterapkan ini adalah ilmu yang diberikan oleh pelatih dan di hari terakhir mereka melaksanakan ujian,” tutup Manager. (Juli)

- Advertisement -

Berita Terkini