Dosen FH Unimal, Berikan Pengabdian Menjadi Ketua Panitia Pemilihan Geuchik

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Aceh Utara – Kepala Desa yang ada di lingkup Pemeritahan Aceh Utara saat ini banyak yang sudah habis masa jabatannya, sehingga diperlukan pemilihan Kepala desa/Geuchik agar roda Pemerintahan di tingkat desa/Gampong tetap berjalan dengan baik sebagaimana mestinya.

Oleh karena itu, meskipun di tengah pandemi Covid-19 Bupati Aceh Utara mencari solusi untuk permasalahan tersebut, sehingga di keluarkan Surat edaran Bupati Aceh Utara Nomor 141/242 Tentang pelaksanaan pemilihan Imum mukim dan Geuchik di Kabupaten Aceh Utara.

Dasar Pelaksanaan Surat Edaran Bupati Aceh Utara Nomor 141/242 tentang Pelaksanaan Pemilihan Imum Mukim dan Pemilihan Geuchik dalam kabupaten Aceh Utara yaitu Qanun Aceh Nomor 4 Tahun 2009 tentang Tata Cara Pemilihan dan Pemberhentian Geuchik di Aceh.

Salah satu Gampong yang sudah melaksanakan tahapan pemilihan Geuchik yaitu Gampong Tambon Tunong, Kecamatan Dewantara, Kabupaten Aceh Utara, menariknya salah satu Dosen Universitas Malikussaleh (Unimal) yang juga Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjsama Fakultas Hukum (FH) Hadi Iskandar SH MH dipercaya sebagai Ketua Panitia Pemilihan Geuchik (P2G) dalam Rapat Tuha Peut Gampong Tambon Tunong.

Dalam wawancaranya bersama awak media, Hadi menyampaikan proses pencalonan Geuchik sudah dijalankan sebagai mestinya sesuai dengan Qanun Aceh, kami akan melaksanakan proses selanjutnya hingga final terkait pemilihan nantinya.

“Pembukaan pendaftaran Bakal Calon Geuchik Gampong Tambon Tunong dimulai terhitung sejak tanggal 22 Februari s/d 12 Maret 2021, dan alhamdulillah yang mendaftar ada 2 Balon Geuchik yaitu Asnawi A Jalil dan Murdani, Tahapan Pelaksanaan dari Penerimaan Pendaftaran Bakal Calon, Verifikasi bakal Calon,” sambungnya.

“Pengumuman Hasil Verifikasi beserta masa sanggah, Penetapan Bakal Calon menjadi Calon, Pengundian Nomor Urut Calon Geuchik dan Kampanye (Penyampaian visi, misi dan Program), Masa Tenang dan Konsolidasi calon, Pemilihan dan Perhitungan suara serta Pengesahan berita acara pemilihan). Ini juga panitia sedang meverifikasi data pemilih, pelaksanaan kegiatan pemilihan akan kita laksanakan selesai lebaran Idul Fitri nantinya,” jelasnya.

Hadi menambahkan tahap-tahapan ini juga di koordinasi kan dengan kecamatan, pak camat sangat banyak membantu dan Kepercayaan masyarakat ini menjadi salah satu bentuk kami para dosen di Unimal dalam melakukan pengabdian kepada masyarakat.

“Semoga nantinya akan mendapatkan hasil yang baik, melahirkan pemimpin yang bijaksana dan memberikan pengabdian terbaiknya kepada masyarakat,” tuturnya.

Ketua Tuha Peut Gampong Tambon Tunong Jatanizar SAg memyampaikan Tuha Peut dan Anggota dan Geuchik Tambon Tunong memberikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan pemilihan Geuchik untuk periode 2021-2027.

“Kita berharap roda pemerintahan gampong tetap berjalan dengan baik, dan kita berharap para calon bertarung secara fair dengan gagasan untuk kemajuan gampong kedepannya,” ujarnya. (red)

- Advertisement -

Berita Terkini