Ekspresi Ronald Koeman saat laga Everton vs Arsenal yang berujung kekalahan 2-5 dan membuatnya dipecat (Foto: AFP PHOTO / Oli SCARFF)
Ekspresi Ronald Koeman saat laga Everton vs Arsenal yang berujung kekalahan 2-5 dan membuatnya dipecat (Foto: AFP PHOTO / Oli SCARFF)

MUDANEWS.COM, Liverpool – Everton akhirnya memecat Ronald Koeman menyusul kekalahan 2-5 saat menjamu Arsenal, Minggu (22/10). Kekalahan tersebut memperpanjang rekor buruk Everton di bawah Koeman musim ini yang cuma memetik dua kemenangan dalam sembilan laga di Premier League.

Koeman sebenarnya mendapat sokongan kuat dari klub saat bursa transfer musim panas lalu. Everton kabarnya menghabiskan £142 juta untuk belanja pemain. Namun belanja pemain dengan dana besar itu ternyata tak mampu mengangkat performa The Toffees. Kini Everton menempati posisi ke-18 atau di zona degradasi.

“Everton dengan ini membenarkan bahwa Ronald Koeman telah meninggalkan klub,” begitu isi pernyataan klub yang dirilis Senin (23/10).

“Ketua Klub Bill Kenwright, dewan direktur klub dan pemegang saham mayoritas klub Farhad Moshiri, semuanya menyampaikan rasa terima kasih kepada Ronald atas kerjanya selama lebih dari 16 bulan dan membawa klub ini menempati posisi ketujuh di PPremier League musim lalu.”

Pasukan Koeman menunjukkan perjuangan luar biasa saat berhasil menghindari dari kekalahan di saat terakhir saat bertemu Brighton and Hove Albion pada 15 Oktober lalu, namun hasil ini ternyata tak bisa berlanjut dengan tren positif.

Setelah hasil imbang itu, Everton mengalami kekalahan di kandang saat bertemu Lyon di Liga Europa. Akibat kekalahan ini Everton terpuruk di urutan terbawah Grup E. Mereka hanya meraih satu poin dari tiga pertandingan.

Dan kekalahan saat menjamu Arsenal menjadi perjalanan terakhir Koeman bersama Everton. Dia hanya bertahan 16 bulan bersama Everton setelah meninggalkan Southampton. Everton akan melawan Chelsea di ajang Piala Liga atau EFL Cup, Rabu mendatang.

Sejak kabar Koeman akan dipecat merebak, isu soal penggantinya juga sudah mencuat. Salah satu calon penggantinya adalah David Moyes yang tak lain adalah mantan pelatih Everton. Dua kandidat lainnya adalah pelatih Burnley Sean Dyche dan Sam Allardyce, yang musim lalu sempat menangani Crystal Palace.

Koeman yang kini berusia 54 tahun adalah pelatih ketiga yang didepak klubnya di Premier League musim ini. Sebelumnya ada Frank de Boer yang diberhentikan oleh Crystal Palace serta Craig Shakespeare oleh Leicester City. Sepanjang menangani Everton, Koeman membawa timnya menang 19 kali dan 16 kali kalah dalam 47 pertandingan. (goal)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here