Car Free Day Kota Medan, Membudayakan Hidup Sehat Dengan Berolahraga
Keterangan Foto: Selain berolahraga, pengunjung juga dapat memanfaatkan pegelaran musik yang disediakan untuk berkaraoke ria saat Car Free Day.

MudaNews.com, Berita Medan (Sumut) – Ribuan warga Kota Medan mendantangi kawasan Car Free Day (CFD) di jalan seputaran Lapangan Merdeka Medan, Minggu (23/4). Kegiatan Car Free Day yang rutin digelar ini sebagai salah satu cara untuk mengurangi tingkat polusi udara yang disebabkan oleh kendaraan bermotor baik roda dua maupun empat.

Warga yang telah berkumpul sejak pukul 06.00 WIB pagi tersebut sangat antusias untuk mengikuti acara ini, selain dapat melakukan Senam Jantung Sehat yang digelar rutin di Lapangan Merdeka, warga juga dapat melakukan kegiatan olahraga lainnya seperti lari mengelilingi Lapangan Merdeka, bersepeda, bahkan anak-anak dari komunitas sepeda BMX, Sepatu Roda serta Skateboard memanfaatkan moment CFD ini untuk berlatih mengasah kemampuan mereka.

Tak hanya itu momen CFD juga dimanfaatkan untuk kumpul bareng dan silaturahmi, salah satunya Heni (19) dara jelita yang tinggal di Menteng Raya ini kumpul bareng dengan Komunitas Sepeda Tuanya (ontel), meski terlihat paling muda diantara yang lainnya, ia tak canggung bercengkrama dengan rekan sesama komunitasnya.

“Ya lumayan melepas penat dari kesibukan aktivitas kampus setiap hari, kebetulan juga hobi gowes, punya sepeda ontel gini, nongkrong sama abang abangan disini sambil keliling Lapangan Merdeka bang,” ungkapnya kepada MudaNews.com.

Selain bersepeda para pengunjung juga dapat menikmati beragam kuliner yang dijajakan pedagang serta dapat menikmati dentuman musik yang turut disediakan pentas bagi pengunjung yang ingin berkaraoke.

“Pas kali pun bang, siap besepeda keliling capek, sekalian sarapan, ada pagelaran musik lagi, daripada pergi keluyuran atau bermalas malasan dirumah, lebih baik ikut Car Free Day,” ujarnya.

Sementara itu Walikota Medan Drs H T Dzulmi Eldin MSi mengatakan, Car Free Day atau hari bebas kendaraan kini menjadi agenda rutin tiap hari Minggu pagi. Artinya warga dapat berkumpul di seputaran Lapangan Merdeka dan melakukan berbagai kegiatan berolahraga.

“Acara ini bertujuan agar warga senantiasa terbebas dari polusi khususnya yang diakibatkan oleh asap kendaraan, sehingga warga Kota Medan dapat selalu menghirup udara yang bersih dan sehat. Artinya selain menjadi ajang kebersamaan, warga juga dapat terbiasa pola hidup sehat dengan berolahraga”, kata Walikota.

Eldin juga menambahkan, ia mengajak seluruh warga Medan, untuk gemar berolahraga karena hal tersebut sangat baik untuk kesehatan, dengan kegiatan olahraga Senam Jantung Sehat yang dilakukan dalam kegiatan Car Free Day ini adalah sangat bagus bagi warga Medan untuk menjaga kesehatannya.

Selain berolahraga, Warga juga dapat memperpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM) kendaraan bermotor, sebab Polrestabes melalui Satuan Lalu Lintas membuka loket keliling untuk warga yang akan melakukan perpanjangan SIM. Artinya warga yang disibukkan dengan rutinitas mereka dapat memanfaatkan fasilitas yang disedikan ini. Berita Medan/MN/Ahmad Maherdika Hsb

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here