Aktivis Muda Lingkungan Angkat Bicara Soal Pohon Trembesi yang Tumbang

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Laporan:Joni Purba

MUDANews.com, Medan (Sumut) – Tumbangnya pohon trembesi yang telah tumbuh selama ratusan tahun di Lapangan Merdeka Medan tak terlepas dari perhatian berbagai pihak, terutama aktivis muda lingkungan Sumatera Utara, Doni Latuparisa.

Ia mengatkan bahwa manfaat pohon trembesi sama saja dengan pohon-pohon yang lainnya, yakni sebagai penyerap Carbondioksida dan menghasilkan Oksigen. Pohon trembesi yang tumbuh besar biasanya menjadi areal berteduh yang nyaman bagi masyarakat yang beraktifitas di pusat kota dan lapangan kota.

Dalam hal ini ia berpendapat bahwa pohon trembesi yang tumbang merupakan tanggung jawab Pemerintah Kota Medan dalam melakukan perawatan.

“Pemko harusnya memperhatikan usia pohon dan bawah pohon. Apakah terjadi pengeroposan pada batang atau akarnya. Jangan hanya melihat teduhnya pohon itu saja dari daunnya,” demikian disampaikan Doni pada MUDANews.com, pada Senin (9/1).

Ia juga mengatakan bahwa kalau selama ini pohon tersebut diperhatikan, tidak akan terjadi kecelakaan yang sampai menimbulkan korban luka ini.

Menurutnya, tugas Pemerintah Kota bukan hanya menanam, tapi juga harus memperhatikan dan melakukan perawatan. Jika ingin melakukan penanaman kembali Pemko harus memperhatikan dan memaksimalkan Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang ada.

“Pemko tidak hanya menanam, tapi juga harus memperhatikan dan melakukan perawatan. Jika ingin melakukan penanaman kembali, maksimalkan RTH yang ada,” demikian Doni.[jo]

- Advertisement -

Berita Terkini