Kesbangpol Labuhanbatu Diduga Tidak Bersinergi, Hari Lahir Pancasila Sepi Pemuda

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Labuhanbatu –  Berdasarkan Keppres Nomor 24 Tahun 2016, tanggal 1 Juni merupakan hari penting nasional. Pasalnya, tanggal 1 Juni diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila.

Namun Keppres tersebut diduga tidak diterapkan dan dijalankan dengan baik oleh Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu terkhusus di lingkungan Kesbangpol Linmas Kabupaten Labuhanbatu selaku panitia pelaksana penyelenggaraan peringatan Hari lahirnya Pancasila Tahun 2023.

Selain tidak menerapkan Kepres No 24 Tahun 2016, pihak Kesbangpol Linmas Kabupaten Labuhanbatu diduga juga tidak bersinergi dan melakukan komunikasi dengan baik dikalangan masyarakat kabupaten Labuhanbatu Sumatera Utara.

Hal itu, terlihat dari sepinya acara yang merupakan hari penting nasional di lokasi tidak terlihat para pemuda-pemudi dari OKP dan Ormas yang ada di Labuhanbatu untuk memeriahkan momen untuk mengenang, menghormati, sekaligus menghargai perjuangan para pahlawan bangsa dalam merumuskan dasar negara Indonesia. Kita sebagai generasi penerus bangsa dapat turut berpartisipasi di dalam peringatan Hari Lahir Pancasila ini dengan mengamalkan sila-sila Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

Sepinya acara pelaksanaan dan peringatan hari Pancasila tahun 2023 tidak ditampik Kepala Kesbangpol Linmas Kabupaten Labuhanbatu Nilwansyah Dalimunthe melalui Kabid nya Dedi, yang berbanding terbalik dengan surat undangan yang di edar pihak Kesbangpol Linmas Kabupaten Labuhanbatu yang menuliskan bahwa peringatan hari Pancasila 1 Juni 2023 di pusat kan di lapangan Ika Bina Rantauprapat.

“Sesuai juknis sih upacara Harlah Pancasila untuk di daerah bagi instansi Ormas/OKP sekolah boleh melaksanakan di instansi masing-masing, dan untuk kita di Labuhanbatu kita memang ada mengundang beberapa Ormas/OKP sekolah untuk menyemarakkan dan memang untuk mengundang semua kawan-kawan Orma/OKP ada sedikit kendala di kami sebagai panitia, ada beberapa Ormas/OKP yang kita tidak mempunyai contact person pengurus dan juga kami tidak hafal betul alamat kantor, terima kasih atas koreksinya intinya bang kita sepakat kami juga ingin agar setiap upacara kita dapat bersama-sama meramaikannya. Mudah-mudahan ini bisa perbaikan kepada kami kedepannya sebagai panitia terima kasih sekali atas koreksi dan sarannya,” ujar Dedi, salah seorang Kabid Kesbangpol Linmas Kabupaten Labuhanbatu.

Menurutnya, pembagian undangan tersebut terkendala dengan ketidakjelasannya sekretariat kantor OKP dan ormas sehingga menimbulkan kerancuan dalam penerima undangan.

“Iya betul bang, itula tanda satu kendala yang kami hadapi bang, kadang tak ada No kontak dan alamat yang mau dihubungi jadi kadang kita gak tau harus kemana, dan ada juga kasus kan pak dia misalnya dualisme dan tigalisme jadi rancu sama kami mau mengundang yang mana, yang sah,” akunya.

Sementara, dari pantauan wartawan dibeberapa titik lokasi tampak terlihat sekelompok organisasi partai politik juga melakukan upacara peringatan hari Pancasila di kantor seketariatnya.

Pada kegiatan Hari Pancasila 1 Juni 2023 Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu menggelar Upacara Hari Lahir Pancasila tahun 2023 yang dipimpin oleh Plh. Sekda Labuhanbatu, Ir. Hasan Heri Rambe di Lapangan Ika Bina Rantauprapat, Kecamatan Rantau Utara.

Bertindak selaku komandan upacara dalam kesempatan kali ini yaitu Danramil 04/LB, Kapten Inf. Sabar I Simanjuntak.

Dalam amanat Presiden RI, Joko Widodo yang dibacakan Sekda Labuhanbatu, Ir. Hasan Heri Rambe bahwa toleransi, persatuan, dan gotong royong adalah kunci membangun bangsa yang kokoh serta dunia yang damai sejahtera. Ia juga mengatakan agar pesta demokrasi disambut dengan kedewasaan yang tetap berpegang teguh pada Pancasila.

Selanjutnya, Presiden mengajak seluruh komponen masyarakat untuk bergotong royong menurunkan angka stunting di indonesia, dikarenakan angka stunting di Indonesia masih tinggi yakni berada di atas ambang yang telah ditetapkan oleh WHO yaitu sebesar 20%.

Di akhir upacara, Yayasan Pendidikan Kelompok Bermain & RA Marhamah menampilkan aksi marching band yang dilakukan oleh murid-murid TK tersebut.

Turut hadir dalam upacara Forkopimda, Para Kepala OPD, Para Camat, Eselon III dan IV, Para Staf di Lingkungan Pemkab Labuhanbatu, dan para undangan lainnya. (Dian)

- Advertisement -

Berita Terkini