Seminar Wawasan dan Kebangsaan PMI Sumut: Membangun Citra Positif Polri Menuju Kesejahteraan Masyarakat

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Penggerak Milenial Indonesia (PMI) Sumut, menggelar Seminar Wawasan dan Kebangsaan bertemakan “Membangun Citra Positif Polri Menuju Kesejahteraan Masyarakat”, di Kafe Doktor Kopi, Komplek MMTC Medan, Sabtu (6/5/2023).

Acara yang dihadiri puluhan mahasiswa, pemuda, dan para milenial ini memantik topik pembahasan yang disampaikan tiga pemateri, yakni pemateri I Bako SM. Fuji SH, Pemateri II Warjio PhD, dan pemateri III, Zulkifli SPd.

Koordinator Wiayah PMI Sumut, Ridho Ansyah menyampaikan, belakangan ini sering terjadi kasus-kasus yang berkaitan nama baik institusi Polri, sehingga masyarakat sendiri sulit untuk percaya lagi dengan aparat Kepolisian.

“Kemudian, dengan seminar wawasan dan kebangsaan ini mengajak seluruh anak milenial Sumatera Utara agar tetap mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap institusi Polri,” ucap Ridho.

Sementara Bako SM. Fuji menyampaikan ada 4 alat penegak hukum termasuk aparat kepolisian yang harus bersentuhan kepada masyarakat itu sendiri. Untuk melahirkan kepercayaan, pengayoman dan perlindungan pada masyarakat, sebagai pengabdi harus melakukan ketaatannya kepada hukum.

“Kemudian untuk membangun citra positif Polri kepada masyarakat itu sendiri, harus mampu menegaskan kembali peran dan fungsi sebagai penegak hukum khususnya di tubuh Polri itu sendiri,” pungkasnya.

Seminar Wawasan dan Kebangsaan PMI Sumut
Peserta Seminar Wawasan dan Kebangsaan PMI Sumut (Foto: Istimewa)

Sementara itu, Pengamat Politik dari FISIP USU Warjio mengungkapkan bahwa kurangnya ketertiban dari Polisi bukan di Indonesia saja. Tapi di luar Negeri juga begitu ada sisi dampak buruknya ke citra Polisi.

“Intitutusi Polri tergantung pada kinerjanya sendiri, kinerja itu menjadi satu poin menuju citra positif Polri,” kata Warjio.

Dalam pernyataan Zulkifli mengharapkan setelah diskusi berlanjut, perlu ada sosial dan komunikasi masyarakat terhadap polisi agar tidak ada rasa ketakutan kepada Polisi itu sendiri. Kedepannya Polri akan lebih baik dimasa yang akan datang, karena kasus-kasus sudah banyak yang terungkap.

“Dengan kegiatan seminar ini, semoga kedepannya Polri mampu menegaskan dan mengaplikasikan sebagai peran dan fungsinya agar masyarakat sendiri dapat menerima kesejahteraan dan kenyamanan khususnya masyarakat di Sumatera Utara,” kata Zulkifli.

Terakhir, Koordinator PMI Sumut Ridho Ansyah, percaya bahwa Kapolda Sumatera Utara akan mampu menyelesaikan masalah-masalah dan kasus atau yang berbentuk kriminalitas di Wilayah Sumatera Utara.

“Upaya membangun Polri yang mandiri dan membentuk citra Polisi sebagai sahabat dan pelindung masyarakat merupakan tanggung jawab kita sendiri,” tandasnya. (red)

- Advertisement -

Berita Terkini