Soroti Masalah Hukum, Badko HMI Minta Kapolri Evaluasi Kapolda Sumut

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Badan Koordinasi Himpunan Mahasiswa Islam Sumatera Utara (Badko HMI Sumut) melalui Sekretaris Umum nya Pangeran Siregar menyoroti soal beberapa rentetan masalah besar di jajaran Polda Sumut belakangan ini mulai dari tidak tuntasnya penyelidikan kasus hingga gagalnya mendidik anggota sehingga mencoreng nama institusi Polri.

“Kita hari ini objektif melihat kepemimpinan Kapolda Sumatera Utara Bapak Panca Simanjuntak, kita sangat kecewa dengan persoalan hukum yang terjadi belakangan ini di wilayah kerja Polda Sumatera Utara, yang pertama kita lihat persoalan kasus pajak di Samosir yang sampai sejauh ini belum ada penetapan tersangka. Padahal kasus tersebut udah menjadi atensi Kapolda Sumut,” kata Pengeran dalam keterangan tertulisnya kepada mudanews.com, Jumat (28/4/2023).

Kemudian persoalan yang sedang panas terjadi tentang penganiayaan yang dilakukan anak dari seorang perwira menengah Polda Sumut Ayah pelaku, AKBP Achiruddin Hasibuan yang ada di lokasi bukannya melerai justru hanya diam saja dan terekam menyaksikan perkelahian tersebut.

Bahkan Achiruddin menghalangi seseorang yang berniat untuk melerai perkelahian. AKBP Achiruddin Hasibuan diduga sempat memerintahkan pria berkaus putih untuk mengambil senjata api laras panjang di dalam rumah.

Tak hanya itu, kemudian tabir terbuka akibat hal tersebut ditemukannya gudang BBM ilegal milik AKBP Achiruddin Hasibuan jenis solar yang tidak jauh dari rumah beliau.

Lanjut Pangeran, dengan buntut kasus penganiayaan akhirnya terbuka adanya dugaan mafia BBM di tubuh Polda Sumut.

“Pertanyaannya kapan gudang BBM ilegal tersebut mulai beraktivitas mengapa selama ini Polda Sumut tidak mengetahuinya? Apakah dilakukan pembiaran? Entahlah saya tidak tau hanya Kapolda Sumut yang tau tingkah laku etika anggotanya,” kata Pangeran.

Atas rentetan kasus tersebut, sambung Pangeran, yang kami nilai terancamnya integritas dan kepercayaan publik di Sumatera Utara terhadap kepemimpinan Kapolda Sumut.

Oleh sebab itu, Badko HMI Sumut meminta Kapolri untuk mengevaluasi Kapolda Sumut.

“Kami dari Badko HMI Sumatera Utara akan melakukan evaluasi kepemimpinan bapak Panca Simanjuntak selaku Kapolda Sumut hari ini. Untuk hukum di Sumatera Utara yang lebih baik lagi,” pungkas Pangeran. (red)

- Advertisement -

Berita Terkini