Bupati Karo Percayakan Peningkatan Pertanian Tembakau Karo kepada DPC APTI

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Karo – Bupati Kabupaten Karo Corry Sebayang mengundang Pengurus Cabang Asosiasi Petani Tembakau Indonesia (APTI) Kabupaten Karo dalam pertemuan hangat yang bertempat di Kantor Dinas Bupati Karo Rabu pada (2/2/2022).

Undangan tersebut demi mensinergiskan program – program yang telah direncanakan ketika berkampanye pada masa Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Karo tahun lalu.

Menurut Bupati Karo perlu ada gebrakan pemberdayaan bagi Petani Tembakau Karo yang selama ini diketahui berjuang sendiri menjaga eksistensi produk pertanian tembakau yang mereka usahakan.

Bupati Karo menjelaskan berdasarkan peraturan kementrian keuangan no 230/PMK.07/2020 tentang Dana bagi hasil cukai hasil tembakau tahun anggaran 2021 Kabupaten Karo mendapatkan Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau sebesar Rp. 662.233.000.00.

Lanjut Bupati Karo menjelaskan bahwa dari Dana Bagi Hasil Cukai Tembakau yang diterima Pemda, sebesar 50% dialokasikan ke Dinas terkait lalu kemudian dialokasikan ke petani tembakau sebesar 15% melalui DPC APTI Kabupaten Karo dalam bentuk Program Pendampingan dan pemberdayaan.

Bupati Karo melihat tembakau sebagai salah satu komoditas yang layak jadi perhatian utama pemerintah, sebab menurut Bupati Karo bahwa Tembakau punya potensi ekonomi dan bisnis yang sangat besar.

“Dahulu kita dikenal karena Jeruk Manis, bahkan baru – baru ini Jeruk Manis Liang Melas berhasil menggugah Presiden membantu masalah kita di Liang Melas, kenapa tidak kedepannya Karo punya Branding Tembakau dan Kopi nomor satu se Indonesia? Kan kita punya alam yang luar biasa mendukung untuk membudayakan duduk ngopi sambil menggulung rokok dari tembakau lokal?” cetus Bupati Kabupaten Karo yang ramah ini.

Senada dengan Bupati Karo, Ketua DPC APTI Kabupaten Karo Roin Andreas Bangun menyatakan dukungan baik moril, apalagi materil dari Pemda Karo sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas produk pertanian tembakau Karo.

Menurutnya petani tembakau, APTI, dan Pemerintah adalah satu kesatuan yang bila sinergis dalam pengelolaan komoditas tembakau asal Karo akan memberi dampak luar biasa bagi pembangunan dan pemasukan daerah.

“Tembakau adalah salah satu komoditas non tambang dan sektor non pajak yang membantu negara tetap bernafas lempang sampai saat ini, bukan tidak mungkin Tembakau juga jadi sumber energi utama pembangunan fisik, psikis, dan ekonomi di Kabupaten Karo kedepannya,” tegas Ketua DPC APTI Kabupaten Karo.

Acara silahturahmi dan undangan diskusi dari Bupati Kabupaten Karo kepada Pengurus DPC APTI Kabupaten Karo yang dihadiri Roin Andreas Purba, (Ketua DPC) Henrico Sembiring (Sekertaris), Donny Alif Perdana (Bendahara) dan Ekin Sura Tarigan (Humas) berlangsung santai dan penuh ramah tamah.

Diskusi diakhiri dengan kesepakatan penyusunan program kerja pemberdayaan dan peningkatan Pertanian Tembakau Karo yang akan melibatkan banyak elemen terkait, dimana Bupati meminta DPC APTI Kabupaten Karo sebagai palang pintu dan motor penggerak utama yang berada di samping dan bersinergis sama tinggi dengan Pemda Karo melalui dinas terkait. (AB)

- Advertisement -

Berita Terkini