HDMI Sumut Laksanakan Safari Ramadan, Bikin Perlombaan di Karo

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Karo – Pengurus Wilayah Himpunan Da’i Muda Indonesia (PW HDMI) Provinsi Sumatera Utara (Sumut) sukses melaksanakan kegiatan Safari Ramadan 1444 H di Masjid Al Muslimun Desa Ndeskati, Kecamatan Naman Teran, Kabupaten Karo pada hari Jumat s/d Minggu (7-9/4/2023).

Kegiatan ini diselenggarakan dengan Tema “Menciptakan Da’i Muda yang berperan Aktif dan bertanggungjawab dalam Dakwah untuk umat di Sumatera Utara”.

Desa Ndeskati memiliki jumlah penduduk yang menganut agama Islam hanya 97 KK dari jumlah total penduduk sebanyak 297 KK, dari angka tersebut kita bisa simpulkan bahwa Desa Ndeskati adalah desa minoritas Islam. Selain itu, dari sektor pendidikan agama Islamnya di Desa Ndeskati hanya terdapat satu guru mengaji Alquran yaitu ibu Wadaria br. Ginting dan seorang ustaz sebagai Imam Masjid Al-Muslimun Desa Ndeskati.

Kemudian kurang lebih 30 anak-anak muslim Desa Ndeskati mulai umur 4-12 tahun hanya 4 orang yang bacaan iqro’nya sudah lumayan baik. Maka dengan data tersebut kegiatan Safari Ramadhan 1444 H PW HDMI Sumut ini dilaksanakan di Desa Ndeskati, Kecamatan Naman Teran, Kabupaten Karo.

Pada Safari Ramadan kali ini, PW HDMI Sumut menurunkan 14 orang Da’i-Da’i Muda termasuk Ketua Umum PW HDMI Sumut juga ikut membersamai Tim Safari Ramadan, 14 orang tersebut ialah; Ustaz Fauzi Ananda MPd, Ustaz Muhammad Ardhony SAg, Ustaz Faiz Nirwan, Ustaz Ridho Butar-Butar, Ustaz Diki Dermawan, Ustazah Nandini, Ustazah Annisa Putri, Ustazah Putri Malikul Sani, Ustazah Putri Ramadhani, Ustazah Wanda Hamidah Polem, Ustazah Defina Tasya, Ustazah Fitria Alkomariah, Ustazah Seri Minta Uba Hasibuan, dan Ustazah Devia Anjani.

HDMI Sumut
Momen foto bersama

Adapun rangkaian kegiatan Safari Ramadan PW HDMI Sumut di Desa Ndeskati yakni; Pengajian (Kultum) Subuh, Majelis Talim, Tadarus Al-Qur’an, Pendidikan dan pelatihan membaca Alquran untuk anak-anak san Ibu-ibu, Lomba Membaca Surah Al-Fatihah dan Berwudhu untuk anak-anak, dan Tabligh dan Tausiyah Nuzulul Qur’an sekaligus pembagian hadiah kepada anak-anak.

Ketua Umum PW HDMI Sumut Ustaz Fauzi Ananda dalam sambutannya pada acara Nuzulul Quran mengatakan kegiatan ini diselenggarakan sebagai momentum pengabdian kepada masyarakat, sebagai Amal Ibadah di Bulan Ramadhan dan media silaturahim PW HDMI Sumut kepada masyarakat muslim di Desa Ndeskati.

“Dengan adanya kegiatan Safari Ramadan 1444 H ini diharapkan mampu membantu meningkatkan pendidikan agama Islam, khususnya kemampuan membaca Al-quran bagi anak-anak dan ibuk-ibuk di Desa Ndeskati dengan kegiatan belajar mengaji yang dilaksanakan menjelang berbuka puasa. (Dhony)

- Advertisement -

Berita Terkini