Pusuk Buhit Jadi Tempat Deklarasi Horas Batak Nauli

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Samosir – Sejumlah warga dan simpatisan dari etnik Batak mendeklarasikan Horas Batak Nauli di Pusuk Buhit, belum lama berselang. Kegiatan yang dirancang dengan model ziarah tadi, diawali dengan berangkat ke Puncak Pusuk Buhit di Kecamatan Sianjur Mula, Samosir, Sumatera Utara.

Acara yang dimulai dari Aek Binttatar, Desa Sianjur Mula-mula itu dilanjutkan ke lokasi Batu Hobon, dan diteruskan lagi ke ke Rumah Parsaktian Op Raja Isombaon. Hal tersebut disampaikan Opung T. Situmorang kepada wartawan, Selasa malam (11/11/2020).

Dalam acara dilakukan serangkaian proses adat dan kepercayaan, seperti ziarah ke makam leluhur, berdoa bersama (Martonggo), dan minta izin kepada arwah leluhur untuk dideklarasikannya Horas Batak Nauli (HBN).

Dalam acara juga diundang (dihadirkan roh para leluhur) seperti arwah Op Raja Isombaon lewat perantara DJM Purba, juga roh Namboru Oppung boru dengan perantara Rodelce Situmorang.

Salah satu warga yang ikut dalam prosesi tadi Op T Situmorang kepada wartawan menyebutkan, jika rangkaian adat dan budaya yang dilaksanakan, memperkaya khasanah kebudayaan nasional yang selama ini ada. Dan diharapkan kegiatan tadi, dapat menambah kekayaan kesenian dan kebudayaan daerah dari sektor pariwisata.

“Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung terlaksananya rangkaian acara prosesi ini, juga terima kasih atas dukungan hadirnya Horas Batak Nauli,” ujar Opung T. SItumorang. Berita Samosir, fian

 

- Advertisement -

Berita Terkini