Relawan Vaksin Dikabarkan Meninggal, IHSG dan Rupiah di Zona Merah

Relawan Vaksin Dikabarkan Meninggal, IHSG dan Rupiah di Zona Merah
Net/Ilustrasi

MUDANEWS.COM, Medan – Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin mengatakan, kinerja IHSG pada perdagangan sesi kedua mencoba untuk berbalik arah. IHSG yang selama sesi perdagangan sempat mengalami pelemahan hingga ke level 5.067. Mencoba berbalik dan hanya ditutup melemah tipis 0.091% di level 5.091,82. Sementara mata uang Rupiah diperdagangkan melemah di level 14.660 per US Dolarnya.

“Pelemahan rupiah pada perdagangan hari ini terjadi juga pada mata uang kebanyakan Negara di Asia. Banyak Negara yang mengalami pelemahan mata uangnya seiring dengan memburuknya ekspektasi terkait kemungkinan kesepakatan stimulus yang sepertinya masih akan tertunda lagi,” ujarnya di Medan, Sumatera Utara, Kamis (22/10/2020).

Sementara itu, lanjut Gunawan, IHSG masih akan berada di bawah tekanan selama masih ada banyak sentiment negatif seiring dengan masih buruknya kinerja pasar keuangan yang ada di bursa global. Dan pada hari ini juga terjadi tekanan jual investor asing yang membukukan transaksi jual bersih atau net sell sebanyak 262 Milyar rupiah.

“Pasar keuangan saat ini, ada salah satu kabar yang bisa saja menjadi pemberat IHSG. Yakni ditemukannya relawan vaksin Covid-19 di Brazil yang meninggal dunia. Pelaku pasar akan berhati hati dengan kabar tersebut. Walaupun sejauh ini uji klinis vaksin masih berlanjut,” beber Gunawan. Berita Medan, red