NU Sumatera Utara, Dukung Saidurrahman karena Bawa UIN-SU Berkelas Dunia

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Sumatera Utara (PWNU Sumut) mengeluarkan surat rekomendasi Nomor: 53/PW/A.II/5/20 yang ditujukan kepada Menteri Agama RI agar menetapkan Wakil Rais Syuriyah PWNU Sumut Prof Dr KH Saidurrahman MAg menjadi Rektor Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UINSU) periode 2020-2024. Surat rekomendasi tersebut dikeluarkan oleh PWNU Sumut pada 4 Mei 2020/11 Ramadhan 1441 H.

Adapun alasan PWNU Sumut mendukung Saidurrahman kembali sebagai rektor karena dianggap cakap, mampu, berpengalaman dan sukses membawa UINSU menjadi universitas berkelas internasional yang diminati dan menjadi kebanggaan masyarakat, khususnya umat Islam Sumut.

Surat rekomendasi PWNU Sumut tersebut ditandatangani oleh Rais Syuriyah Syekh KH Mahmuddin Pasaribu, Katib Syuriah H Abrar M Dawud Faza MA, Ketua PWNU H Syahrial Tambunan, dan Sekretaris PWNU Sumatera Utara HM Hatta Siregar SH MSi. Surat rekomendasi juga ditembuskan ke PBNU.

Katib Syuriah PWNU Sumut H Abrar M Dawud Faza MA yang dikonfirmasi melalui aplikasi WhatsApp, Jumat (15/5/2020), membenarkan pihaknya mengeluarkan surat rekomendasi tersebut.

Terpisah, Wakil Ketua Bakomubin Sumut Muhammad Ikhyar Harahap SH mengapresiasi dan mendukung rekomendasi PWNU Sumut mendukung Saidurrahman untuk menjabat kembali sebagai rektor periode 2020-2024.

“Sebagai warga NU saya patuh dan mendukung penuh rekomendasi PWNU Sumut, karena secara objektif Rektor UINSU Prof Dr Saidurrahman memang punya kompetensi dan rekam jejak membawa UINSU ke arah yang lebih baik. Hal ini bisa kita lihat dari beberapa indikator kemajuan yang sangat fenomenal. Pertama UINSU saat ini telah menjadi lima besar dari keseluruhan UIN di Indonesia. Kedua administrasi UINSU saat ini seluruhnya telah berbasis komputerisasi,”ungkap Ikhyar yang juga dikenal sebagai Koordinator Forum Aktifis 98 Sumut.

Ikhyar melanjutkan, di tangan Saidurrahman saat ini kesejahteraaan dosen maupun pegawai telah sejajar bahkan melampui PTKIN di Sumut dan Indonesia. Selain itu integrasi kemajuan fisik agenda world class university, dan peningkatan kemapuan bahasa asing bagi dosen dan pegawai mengalami kemajuan yang signifikan. Dan yang lebih penting kinerja prodi dan fakultas berbasis akreditasi. Bahkan saat ini UINSU sudah mendapat Akreditasi B dan beberapa fakultas bahkan sudah mencapai Akreditasi A, jelasnya.

Ikhyar mengatakan bahwa warga NU punya tradisi patuh pada ulama. Rekomendasi PWNU tersebut merupakan aspirasi dan keinginan terdalam warga nahdliyin dan umumnya umat Islam Sumatera Utara.

“Saya yakin Menteri Agama akan menghargai dan mengakomodir serta menindaklanjuti aspirasi para ulama dan tokoh umat Islam Sumut untuk menetapkan Prof Saidurrahman kembali memimpin UINSU, insyaallah,” harap Iikhyar. Berita Medan, red

- Advertisement -

Berita Terkini