Diserahkan Bundo Kanduang, Anggota DPD RI Emma Yohanna Terima PIN Lambang Kerajaan Jambu Lipo

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, SIJUNJUNG – Kepedulian anggota DPD RI Emma Yohanna terhadap daerah tidak perlu diragukan lagi. Berkat kepeduliannya tersebut, banyak pihak yang memberikan apresiasi, salah satunya Kerajaan Jambu Lipo di Kabupaten Sijunjung.

Salah satu apresiasi Kerajaan Jambu Lipo terhadap senator tersebut adalah dengan memberikan PIN lambang kerajaan Jambu Lipo. PIN tersebut diserahkan langsung oleh Bundo Kanduang Kabupaten Sijunjung Yasnidar Wahab kepada Emma Yohanna yang disaksikan Tuanku Rajo Godang Firman Bagindo Tan Ameh beserta undangan kerajaan Istana Kelambu Suto, Lubuk Tarok, Kabupaten Sijunjung pada Selasa, 21 November 2023.

Diketahui, agenda Emma Yohanna ke Lubuk Tarok adalah untuk menghadiri undangan Pewaris Raja Alam Jampu Lipo, Daulat Yang Dipertuan Raja Alam Jambu Lipo dalam acara Rajo Manjalani Rantau.

Yasnidar Wahab pada kesempatan tersebut mengatakan PIN lambang Kerajaan Jambu Lipo tersebut merupakan PIN persahabatan antara kerajaan dengan DPD RI karena selama sudah peduli.

Ia berharap senator tersebut semakin memperhatikan kerajaan – kerajaan pada umumnya dan khususnya di Kabupaten Sijunjung.

“Dengan kepeduliannya selama ini, semoga ibu Emma Yohanna tetap peduli dan semakin memperhatikan kerajaan, khususnya untuk Kabupaten Sijunjung,” ucapnya.

Sementara itu, Raja Jambu Lipo mengatakan PIN tersebut bisa menambah kuat tali silaturahmi hubungan kekerabatan antara Emma Yohanna dengan kerajaan.

Ada yang menarik pada penyerahan tersebut, kerajaan Jambu Lipo menitip harapan kepada Emma Yohanna. Kerajaan Jambu Lipo meminta DPD tetap mengawal RUU Perlindungan dan Penghormatan Kerajaan Nusantara.

“Semoga RUU ini bisa menjadi UU karena bisa memberikan dampak baik ke Kerajaan. Kerajaan ini sudah tidak nampak, kalah dengan lembaga adat padahal kerajaan merupakan cikal bakal NKRI karena yang dijajah dulu karena adanya kerajaan,” jelasnya.

Emma Yohanna pada kesempatan tersebut merasa terharu dengan pemberian PIN Lambang Kerajaan Jambu Lipo tersebut. Diketahui, Emma Yohanna adalah orang kedua yang menerima PIN tersebut.

“Terimakasih kami ucapkan kepada pewaris Kerajaan Jambu Lipo atas pemberian PIN kali ini. Semoga persahabatan antara Kerajaan dengan DPD semakin kuat dan silaturahmi hubungan kekerabatan kita semakin erat serta harapan-harapan tadi bisa diperjuangkan bersama-sama,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Emma Yohanna juga memuji keberadaan Kerajaan Jambu Lipo karena masih bertahan dengan berbagai macam adat dan budaya seperti ‘Rajo Menjalani Rantau’ ini. Ia pun terkagum-kagum akan pemandangan sakral tersebut.

“Itu kan salah satu bentuk kepedulian terhadap anak kemenakan yang berada di berbagai tempat,” katanya.

Disinggung terkait pembangunan kerajaan yang terbengkalai, Emma berharap kerajaan Jambu Lipo harus mendapatkan perhatian dari pemerintah. Pihaknya hanya bisa mengusulkan dan menyampaikan tapi pemerintah harus menganggarkan.

“Kami di DPD kan ada batasan, tapi kami tidak akan tinggal diam dan kita juga akan desak lagi supaya diperhatikan lebih,” pungkasnya.

- Advertisement -

Berita Terkini