Rakornas Geopark Indonesia, Bupati Sijunjung: Upaya Geopark Nasional Ranah Minang Silokek menuju UGGp

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, SIJUNJUNG – Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Geopark Indonesia yang dilaksanakan di Kabupaten Sijunjung resmi dibuka pada Senin, 20 November 2023. Kabupaten Sijunjung yang terkenal akan Geopark Silokek dipercayakan Bappenas melaksanakan rakornas kali ini.

Bupati Sijunjung, Benny Dwifa Yuswir dalam sambutannya mengatakan Kabupaten Sijunjung sedang gencar-gencarnya melaksanakan kegiatan yang terintegrasi seluruh perangkat daerah, berkolaborasi dengan berbagai pihak dalam menjalankan arah kebijakan pembangunan kabupaten Sijunjung tahun 2022-2026 dengan tema Integrasi Geopark Ranah Minang Silokek secara lintas sektoral dan wilayah dalam mewujudkan masyarakat yang sejahtera dan berkeadilan.

“Tema pembangunan ini ditetapkan dalam upaya Geopark Nasional Ranah Minang Silokek menuju Unesco Global Geopark (UGGp) yang tentunya secara tidak langsung akan mendorong peningkatan perekonomian masyarakat di Kabupaten Sijunjung melalui kunjungan wisatawan, meningkatkan jasa transportasi dan akomodasi,” katanya.

Selain itu, kata Benny, peningkatan sumber daya manusia dan penguatan kelembagaan badan pengelola Geopark menjadi salah satu prioritas dalam mempersiapkan para pihak dalam pengelolaan dan pengembangan Geopark terutama pengelolaan geosite, kelompok masyarakat, tenaga pendidik dalam upaya konservasi, edukasi dan peningkatan ekonomi masyarakat.

Benny berharap kegiatan Geopark yang digelar tersebut bisa terlaksana dengan sebaik-baiknya.

“Hari ini kita melaksanakan kegiatan rapat koordinasi perencanaan nasional Geopark tahun 2023 dan Geopark Nasional Ranah Minang Silokek dipercaya oleh Bappenas sebagai ruan rumah. Mudah-mudahan pelaksanaan Rakornas ini berjalan dengan lancar dan dapat merumuskan kebijakan-kebijakan strategis dalam upaya menyelamatkan bumi dan mensejahterakan masyarakat,” ujarnya.

“Kami atas nama pemerintah daerah dan masyarakat Kabupaten Sijunjung mengucap selamat datang kepada para peserta rakornas di ranah lansek manih,” katanya.

Diketahui, rakornas tersebut akan dilaksanakan selama 4 hari mulai dari kemaren, 19 November s.d 22 November mendatang. Agenda hari ini diisi dengan diskusi dan workshop. Sementara besok akan diisi dengan Field Trip bagi peserta ke objek-objek wisata kebanggaan Sijunjung.

Rakornas tersebut bakal diikuti 23 kementerian/lembaga, 11 unsur pemerintah daerah, 10 Badan Pengelola Unesco Global Geopark (BP UGGp) serta sembilan BP Geopark Nasional. Kemudian diikuti juga oleh 16 pakar, akademisi dan asosiasi profesi juga akan menghadiri Rakor yang berlangsung selama empat hari tersebut.

Melalui Rakornas tersebut, diharapkan tersusun program kerja tahun 2024 yang memainkan peran krusial guna mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan, Sustainable Development Goals (SDGs).

Metodologi Rakornas terdiri dari materi oleh narasumber, diskusi, rapat kerja, Focus Group Discussion (FGD), rumusan hasil serta observasi geosite.

- Advertisement -

Berita Terkini