Ikuti Rakornas Geopark Indonesia di Sijunjung, Pengurus Geopark Natuna Puas dengan Pelayanan Tuan Rumah

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, SIJUNJUNG Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Geopark Indonesia di Geopark Nasional Ranah Minang Silokek di Kabupaten Sijunjung diikuti oleh berbagai perwakilan Geopark di seluruh Indonesia. Salah satunya dari Geopark Natuna.

Geopark Natuna sendiri dihadiri oleh Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM yang juga menjabat sebagai Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Natuna, Ikhwan Solihin. Selain itu juga dihadiri oleh Sekretaris Pengelola Geopark Natuna, Tukino, dan Ketua Natuna Geopark Youth Form, Ryannaldo.

Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM yang juga Plt Kadis Kominfo Kabupaten Natuna, Ikhwan Solihin mengatakan ada beberapa hal yang akan dibahas dalam rakornas tersebut diantaranya integrasi pengembangan Geopark dalam pembangunan daerah dan penganggaran daerah.

Kedua katanya, perencanaan dalam pengembangan world class Geopark. Selanjutnya ketiga, pengawas penganggaran pembangunan di bidang Geopark dan terakhir best practice pengelolaan Geopark.

“Melalui Rakornas tersebut diharapkan tersusun program kerja tahun 2024 yang memainkan peran krusial guna mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan, sustainable development goals (SDGs).

Sementara itu, Sekretaris BP Geopark Natuna, Tukino mengapresiasi pelayanan tuan rumah rakornas Geopark Indonesia tersebut. ia sangat puas akan pelayanan tuan rumah, mulai dari penjemputan di Bandara International Minangkabau, sampai di Sijunjung melaksanakan Gala Dinner di rumah dinas Bupati Sijunjung hingga malam beristirahat di Perkampungan Adat Sijunjung

“Kami sangat puas dan jempol untuk panitia penyelenggara akan pelayanan yang tidak ada minusnya sama sekali, apalagi persolan makan sudah tak ada kata terlambat. Tadi pagi dua kali sarapan saya, pertama di penginapan kemudian sarapan lagi di Rumah Dinas Bupati. Kalau mobilisasi jangan khawatir pokoknya jempol-jempol,” katanya

Diketahui, rakornas tersebut digelar oleh Bappenas RI dengan tuan rumah Geopark Nasional Ranah Minang Silokek. Rakornas tersebut akan dilaksanakan selama 4 hari mulai dari kemaren, 19 November s.d 22 November mendatang. Agenda hari ini diisi dengan diskusi dan workshop. Sementara besok akan diisi dengan Field Trip bagi peserta ke objek-objek wisata kebanggaan Sijunjung.

Rakornas tersebut bakal diikuti 23 kementerian/lembaga, 11 unsur pemerintah daerah, 10 Badan Pengelola Unesco Global Geopark (BP UGGp) serta sembilan BP Geopark Nasional. Kemudian diikuti juga oleh 16 pakar, akademisi dan asosiasi profesi juga akan menghadiri Rakor yang berlangsung selama empat hari tersebut.

- Advertisement -

Berita Terkini