Kabupaten Sijunjung Raih Juara 1 Lomba Program Forum Peningkatan Konsumsi Ikan Tingkat Provinsi

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, SIJUNJUNG – Kabupaten Sijunjung meraih Juara I pada lomba program Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Tingkat Provinsi Sumatera Barat yang digelar Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumbar. Penghargaan diserahkan langsung oleh Ketua Forikan Provinsi Sumatera Barat, Harneli Bahar pada Selasa, 26 September 2023 di Hotel Axana Padang.

Selain juara I ekspost program forikan, Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kabupaten Sijunjung juga menerima penghargaan juara harapan III lomba memasak serba ikan kategori menu balita.

Diketahui sebelumnya, Ketua Forikan Kabupaten Sijunjung, Ny. Riri Benny Dwifa telah melaksanakan ekspost program forikan pada 23 Agustus 2023 lalu di Padang, dan kemudian juga telah di kunjungi tim verifikasi secara langsung ke lapangan pada 7 September 2023 lalu.

Ketua Forikan Kabupaten Sijunjung, Ny. Riri Benny Dwifa membenarkan hal itu. “Ya, alhamdulillah kita Kabupaten Sijunjung mendapat juara I lomba ekspost program forikan tingkat Provinsi Sumatera Barat dan harapan III lomba memasak serba ikan kategori menu balita,” ujarnya.

Dikatakan istri Bupati Sijunjung tersebut , ini bentuk keseriusan Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung dalam memperhatikan masalah ketahanan pangan, serta pemenuhan gizi masyarakat terutama dari segi protein hewani salah satunya adalah ikan.

“Ini semua tidak terlepas dari kerja keras pengurus forikan kabupaten, forikan kecamatan sampai forikan nagari, oleh karena itu kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi untuk kita semua yang telah berperan aktif sehingga bisa meraih juara I tingkat Provinsi, mudah-mudahan kedepannya lebih baik lagi,” ucapnya.

Dijelaskannya, Forikan tidak hanya terbentuk di Kabupaten saja, tapi juga sudah ada tingkat Kecamatan dan Nagari serta Jorong.

“Dengan terbentuknya Forikan ini, jumlah konsumsi ikan di Ranah Lansek Manih meningkat,” terangnya.

Kemudian, Ny. Riri juga menyebut banyak sekali keunggulan gemar makan ikan seperti mencerdaskan, sehat dan kuat terutama bagi ibu hamil, balita, dan untuk anak PAUD dan TK serta bisa mencegah stunting.

Selain itu pihaknya, Forikan Sijunjung akan terus berbenah dan terus mensosialisasikan untuk konsumsi ikan terutama pada anak-anak agar anak mendapatkan makanan yang sehat serta bergizi untuk konsumsi sehari-hari.

“Konsumsi ikan memiliki nilai gizi, mineral, nutrisi dan vitamin sangat relevan untuk mendukung program perbaikan gizi masyarakat dan penanganan stunting. Tidak hanya mencegah stunting tapi juga mampu meningkatkan kualitas SDM yang unggul di Kabupaten Sijunjung kedepannya,” tukasnya.

Sementara, Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Kabupaten Sijunjung, Adri juga mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah ikut berpartisipasi dan mensukseskan kegiatan ini, sehingga Forikan Kabupaten Sijunjung menerima dua penghargaan.

“Semoga dengan ini dapat meningkatkan motivasi masyarakat untuk menkonsumsi ikan,” ujarnya.

Dikatakan Adri, Ketua Forikan Kabupaten Sijunjung dan pengurus sedang gencar-gencarnya menjalankan program forikan di Ranah Lansek Manih.

“Bu Riri dan jajaran Forum Peningkatan Konsumsi Ikan telah melakukan sosialisasi ke nagari-nagari dan sekolah-sekolah dan juga melakukan penebaran benih ikan di lubuk larangan (Restocking),” jelasnya.

Ia berharap kepada seluruh masyarakat ayo gemarikan. “Artinya bagaimana diatas piring kita harus ada ikannya, kalau Angka Konsumsi Ikan (AKI) tinggi maka akan dapat meningkatkan kecerdasan otak terutama anak-anak kita,” pungkasnya.

- Advertisement -

Berita Terkini