Diskominfo Sijunjung Bangun Aplikasi SIBOS, Bupati Benny Dwifa : Munculkan Inovasi Terbaru Dan Manfaatkan Platfrom Digital

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, SIJUNJUNG – Pemerintah Daerah Kabupaten Sijunjung melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) melaunching Sistem Informasi Dashboard Eksekutif (SIBOS) di Operatiom Room Kantor Bupati setempat pada Jumat, 29 September 2023.

Aplikasi itu dilaunching langsung oleh Bupati Sijunjung Benny Dwifa Yuswir dan turut hadir Plh. Sekretaris Daerah Kabupaten Sijunjung, Khamsiardi, Asisten dan Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) se-Kabupaten Sijunjung.

Diketahui, Sistem Informasi Dashboard Eksekutif (SIBOS) tersebut merupakan sebuah aplikasi yang bisa menampilkan penyajian data dan informasi secara elektronik yang dibangun Pemerintah Daerah secara terintegritas dalam satu portal dan terpusat.

Kepala Dinas Kominfo, David Rinaldo menyebut pembangunan aplikasi SIBOS ini sesuai yang diamanatkan dalam Perpres SPBE nomor 95 Tahun 2018 dan juga telah ditindaklanjuti dengan dikeluarkannya Perda SPBE di Kabupaten Sijunjung yang telah disahkan oleh DPRD.

“Kita di Kabupaten Sijunjung berharap dapat mengintegrasikan semua aplikasi yang sudah dibangun didalam dashboard eksekutif,” tuturnya.

“Sehingga, sangat membantu dalam penyajian data dan informasi dalam satu portal secara elektronik sehingga memudahkan akses bagi pimpinan daerah sebagai upaya percepatan pengambilan keputusan di Kabupaten Sijunjung,” ujarnya.

Kemudian, katanya, dengan adanya Sistem Informasi Dashboard Eksekutif ini dapat memudahkan segala pekerjaan.

“SIBOS merupakan sebuah inovasi yang dibangun dalam proyek perubahan untuk pengoptimalan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam menghasilkan data dan informasi bagi pimpinan daerah sebagai percepatan pengambilan keputusan untuk mendukung pencapaian misi pertama Bupati Sijunjung,” jelas mantan Kakan Kesbangpol itu.

Ia berharap dengan dibangunnya SIBOS dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik yang efektif, efisien dan responsif berbasis reformasi birokrasi. Untuk tahap awal, pihaknya akan mengintegrasikan tiga aplikasi yaitu Sistem Merit, Aplikasi Data Kesejahteraan Sosial dan Lansia serta Aplikasi Simpus.

“Didalam dashboard ini kita bisa melihat data kepegawaian mulai dari data profil pegawai, data kinerja dan disiplin pegawai, data manajemen talenta pegawai,” terangnya.

Selain itu, juga dapat melihat data bidang kesehatan berupa data layanan kesehatan (data 10 penyakit terbanyak dan data stunting) serta melihat data dari bidang sosial berupa data disabilitas dan lansia.

“Ini diharapkan dapat menjadi dasar referensi bagi eksekutif dalam mengambil keputusan dan memudahkan dalam menyusun langkah strategis mulai dari perencanaan, penyelarasan, penyiapan, implementasi, dan evaluasi,” pungkasnya.

- Advertisement -

Berita Terkini