KPU Bersama Diskominfo Sijunjung Gelar Sosialisasi Tahapan Pemilu 2024 bersama Awak Media

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, SIJUNJUNG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sijunjung melaksanakan sosialisasi tahapan pemilihan umum (pemilu) 2024 bersama insan pers pada Selasa, 19 Desember 2023 di Aula Kantor KPU Kabupaten Sijunjung. Sosialisasi tersebut juga dihadiri oleh Diskominfo Kabupaten Sijunjung dan dari Polres Kabupaten Sijunjung.

Komisioner KPU Kabupaten Sijunjung, Juni Wandri menjelaskan bahwa selama 20 hari masa kampanye berjalan, dari total 388 Caleg DCT sampai saat ini baru 9 Caleg yang mengurus Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP) kampanye ke Polres Sijunjung.

Sedangkan, katanya, di satu sisi peserta pemilu berkewajiban memberikan pendidikan politik kepada masyarakat.

“Melihat dinginnya situasi kampanye saat ini berdasarkan data diatas, KPU Kabupaten Sijunjung sengaja mengundang media agar bisa menginformasikan kepada masyarakat tahapan – tahapan pemilu yang sedang dan akan berlangsung,” ujarnya.

Lebih jauh, Juni mengatakan tahapan pertama adalah kampanye Caleg Tetap, yang kedua penerimaan anggota KPPS. Dari total 362 TPS dibutuhkan sekitar 5334 orang petugas KPPS.

“Dan telah mendaftar sampai hari ini 5765 orang. Sudah melebihi jumlah yang dibutuhkan, namun baru sekitar 60 % yang mencukupi kuota yakni 7 orang per TPS. Sedangkan 2 orang anggota KPPS Linmas disediakan oleh Pemdakab Sijunjung melalui koordinasi dengan Kesbangpol,” jelasnya.

Tahapan ini, katanya, masih berlangsung hingga tanggal 20 Desember mendatang. Ia berharap tahapan tersebut bisa berjalan lancar sehingga bisa 100% nantinya.

“Selanjutnya perlengkapan TPS sudah tersedia tapi belum di sortir. Yang sudah tersedia baru bilik suara, kotak suara, segel dan tinta. Sedangkan paku, tali dan lainnya masih tersimpan di bidang logistik di pasar jumat Muaro Sijunjung,” jelasnya.

Sementara itu Kadis Kominfo David Rinaldo juga turut menyampaikan apresiasi kepada KPU atas setiap tahapan pemilu yang dilalui. Ia mengatakan, pers membutuhkan informasi tersebut untuk disampaikan kepada masyarakat.

“Kalau bisa fasilitasi, buatkan rilisnya dan bagikan kepada kawan-kawan pers, Dinas Kominfo menyambut baik dengan adanya komunikasi serta koordinasi antara KPU dan Diskominfo Kabupaten Sijunjung,” ujarnya.

Ia berharap, ke depannya jika ada informasi, imbauan atau flyer bisa ditayangkan langsung di videotron yang ada di RTH Simpang Logas Muaro Sijunjung.

“Diskominfo bersedia menjadi perpanjangan tangan KPU dan membantu dengan sebaik-baiknya informasi kepada publik,” pungkas David.

- Advertisement -

Berita Terkini