Pelatihan Cipta Pantun Sekolah Menengah di Medan, Ayo Meriahkan

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Klinik Pantun Nusantara lulus seleksi proposal Pelatihan Cipta Pantun Sekolah Menengah yang ditawarkan Kemendikbud RI melalui program Dana Indonesiana.

Oleh karena itu, Klinik Pantun Nusantara akan menggelar pelatihan cipta pantun untuk siswa sekolah menengah di Medan Sumatera Utara pada September s/d November 2022 dengan tagar kegiatan yakni #budayasaya #fbkstimulan.

“Jadi nantinya pelatihan ini dilaksakan di sekolah terpilih. Di mana, kita akan memberikan menulis pantun untuk 100 pelajar, yang mencakup 10 kelas, perkelas itu kita libatkan 10 dengan 10 kali pelatihan,” kata Pendiri Klinik Pantun Nusantara, Prof Umar Zein.

Lebih lanjut, dijelaskannya, salah satu syaratnya, harus ada dana publik minimal 10 juta dan menyebar poster untuk diketahui publik tentang kegiatan ini.

“Penyebaran poster secara daring dan luring sampai 1 September 2022 atau se bulan sebelum kegiatan dimulai,” jelas Umar Zein.

Ditambahkannya, Komunitas KPN akan melatih 100 siswa sekolah menengah atas untuk mampu menulis pantun. Masing-masing menulis 5 bait pantun tentang pendidikan dan tunjuk ajar. Rencana pantun itu dibuat buku dan langsung Launching.

“Akan terkumpul 500 pantun dan dibukukan serta diluncurkan,” katanya.

Donasi Terbuka, Pelatihan Cipta Pantun

Prof Umar Zein mengatakan sastra lisan Pantun sudah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda. Warisan itu sejatinya diwarisi dan diwariskan serta dikelola agar lestari. Kemendibud mendukung proses pelestarian tersebut melalui Dana Indonesiana Stimulan Ekspresi Budaya.

“Klinik Pantun Nusantara (KPN) mendapat peluang melakukan Pelatihan Cipta Pantun terhadap pelajar menengah di salah satu sekolah di Kota Medan. Program Dana Indonesiana memberikan bantuan dana stimulan kepada KPN. Diminta ada dana publik perorangan, komunitas, dan/atau lembaga sebagai peran serta melestarikan budaya,” jelasnya.

KPN menghimbau peran insan seni budaya untuk mewujudkan kerja budaya ini melalui Donasi Terbuka. Jika ingin donasi maka kirim donasinya ke nomor rekening 0221515578, narahubung 0823624978.

(Arda)

- Advertisement -

Berita Terkini