Wisata Sumut, Sejarah dan Keindahan Air Terjun Mursala

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Sumut – Air terjun Mursala adalah salah satu destinasi wisata Indah yang berada di Pulau Mursala, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara.

Air terjun Mursala merupakan salah satu air terjun yang airnya langsung jatuh ke laut. Ketinggian air terjun ini lebih kurang sekitar 35 m dari permukaan laut yang menghadap langsung ke samudra Hindia.

Air terjun pulau Mursala sendiri merupakan destinasi wisata yang belum terlalu terjamah keindahan alamnya oleh wisatawan dikarenakan lokasi air terjun ini hanya dihuni oleh kurang lebih 60 Kepala keluarga yang berprofesi sebagai nelayan dan belum ada kapal reguler yang berlabuh ke pulau ini.

Menurut cerita dari beberapa warga sekitar, air terjun ini adalah tempat bermain seorang putri cantik bernama Putri Runduk seorang permaisuri Raja Jayadana yang pada saat itu Pemerintah Kota Kerajaan Barus Raya, sebuah kerajaan Islam di wilayah Sumatera Utara pada abad ke-7 M yang memiliki paras ayu sehingga termasyur sampai ke luar kerajaan.

Dikarenakan negerinya porak poranda akibat peperangan oleh Raja Sanjaya dari Mataram, Putri Runduk kemudian melarikan diri ke Pulau Mursala karena akan dinikahi oleh Raja Sanjaya, dimana suaminya terbunuh dalam peperangan tersebut. Namun tak lama berselang kerajaan direbut oleh raja Janggi dari Sudan.

Dalam pelariannnya Putri Runduk menjadikan pulau Mursala sebagai tempat bersembunyi dan bermain, namun raja Janggi berhasil menemukannya dan juga memaksa untuk menikahinya. Sang Putri yang enggan dinikahi lalu menceburkan diri ke laut saat dikejar oleh Raja Janggi, dan tidak pernah ditemukan lagi.

Untuk mengunjungi lokasi wisata ini cukup menempuh perjalanan jauh dari Kota Medan. Pengunjung bisa menempuh jalur udara dari Bandara Kuala Namu menuju Bandara Tobing Pinang Sori Sibolga dengan waktu tempuh 45 Menit. Lalu pengunjung dapat melanjutkan perjalanan dari Pantai Kahona di Kota Pandan ibukota Kabupaten Tapanuli Tengah menuju lokasi wisata menggunakan perahu mesin dengan waktu tempuh selama 2 jam.

Untuk akomodasi sendiri, belum ada penginapan khusus yang mewah dilokasi ini mengingat pulau ini hanya di isi beberapa kepala keluarga saja, bagi anda yg ingin mengunjungi air terjun Mursala ini tentunya dapat mempersiapkan segala keperluannya jika hendak menginap di pulau ini. Berita Sumut, Ahmad Maherdika Hsb

- Advertisement -

Berita Terkini