Puskesmas Labuhan Ruku Skrining TB 35 Orang WBP Lapas Labuhan Ruku

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, BATU BARA – Lapas Kelas II A Labuhan Ruku Kanwil Kemenkumham Sumut bersinergi dengan Puskesmas Labuhan Ruku lakukan skrining Tuberculosis (TB) terhadap 35 Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP), Kamis (21/09/2023).

Kegiatan skrining ini ditujukan kepada warga binaan Lapas Kelas IIA Labuhan Ruku sebagai upaya deteksi dini serta untuk mengendalikan penularan TB di lingkungan Lapas.

Kepala Lapas Kelas IIA Labuhan Ruku EP Prayer Manik mengatakan, kegiatan skrining TB ini dilakukan guna melakukan deteksi dini terhadap penyebaran virus TB kepada warga binaan di Lapas Kelas IIA Labuhan Ruku.

“Skrining TB kepada warga binaan ini menjadi salah satu upaya pencegahan terhadap virus TB, selain skrining juga dilakukan sosialisasi dan penyuluhan kesehatan dari pihak Puskesmas Labuhan Ruku dan juga pemeriksaan kesehatan,” jelasnya.

EP Prayer Manik , turut memberikan pengarahan kepada WBP untuk menjaga perilaku hidup sehat selama di Lapas dan memberikan edukasi tentang pentingnya pencegahan penularan TB.

“Jika ada yang merasa kurang sehat, segera datang ke poliklinik untuk diperiksa. Apabila ada yang batuk, praktikkan etika saat batuk . Jangan membuang dahak atau tisu bekas batuk di sembarang tempat, apalagi di tempat yang lembab tidak terkena matahari, sebab, bakteri TB tetap hidup di tempat lembab dan berpotensi menular ke orang lain. Jika kita disiplin dalam menjaga diri dan perilaku bersih, mudah- mudahan kesehatan menjadi milik kita,”Ucapnya. (Ak)

- Advertisement -

Berita Terkini