Panen Sayuran Hidroponik, Wujud Sukses Pembinaan Kemandirian WBP Lapas Kelas II A Labuhan Ruku

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, BATUBARA – Pembinaan kemandirian bagi Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Labuan Ruku Kanwil Kemenkumham Sumut kembali menunjukkan hasil positif dibidang pertaninan. Pada kamis 26 Januari 2023 Lapas Labuhan Ruku memanen sayuran jenis Selada, Kangkung dan Pakchoy hasil kerja keras Pembinaan WBP Lapas Labuhan Ruku.

Budidaya hidroponik ini merupakan salah satu sarana bagi para WBP untuk mengembangkan kemampuan mereka dalam bercocok tanam dan menjadi salah satu unsur penilaian pada Sistem Penilaian Pembinaan Narapidana (SPPN). Kepala Lapas Kelas IIA Labuhan Ruku, EP Prayer Manik mengungkapkan panen yang dilakukan oleh WBP ini menjadi tanda kesuksesan pengelolaan pertanian hidroponik.

“Pembinaan tanaman hidroponik ini akan terus kami lanjutkan dan kembangkan tidak hanya satu jenis sayuran saja tetapi akan ada jenis-jenis sayuran hidropnik lainnya yang akan kembali ditaman oleh WBP kita. Kegiatan ini juga merupakan sebuah wadah bagi WBP kita untuk belajar dan memperkaya ilmu pengetahuan yang dapat mereka gunakan nanti ketika bebas dapat membuat kebun tanaman hidroponik secara mandiri,” ungkapnya.

Hasil panen tanaman hidroponik tersebut selanjutnya akan dibersihkan, kemudian dikemas untuk dipasarkan. Selain dibeli oleh petugas, hasil panen sayuran juga akan dipasarkan kepada masyarakat diluar lapas. Lapas Kelas IIA Labuhan Ruku terus berupaya untuk meningkatkan pembinaan bagi WBP guna terciptanya sumber daya manusia unggul dan produktif.

“Semoga semua kegiatan pembinaan yang berada didalam Lapas Labuhan Ruku dapat terus berjalan dengan baik agar bisa memberikan dukungan kepada WBP untuk terus berkarya dan semakin produktif,” harap EP Prayer Manik. (AK)

- Advertisement -

Berita Terkini