Napi Rutan Kelas 1 Labuhan Deli, Ikut Menyumbang Penerimaan Negara

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Deli Serdang – Panen dilaksanakan di desa manunggal kecamatan labuhan deli kabupaten deli serdang seluas 4ha dan menghasilkan sekitar 20ton jagung kering pada Senin (20/1/2020).

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Rutan kelas I Labuhan Deli yang dipimpin oleh Karutan Nimrot Sihotang kerjasama bersama Koramil 10 ML kapten infanteri Mustakim dengan menggunakan 10 orang tenaga Narapidana yang sedang menjalani proses pembinaan yaitu assimilasi dan turut hadir juga Kadivas Kanwil Sumatera Utara diwakili oleh K Napitulu.

“Assimilasi merupakan proses pembinaan yang diberikan kepada narapidana yang berkelakuan baik, telah menjalani setengah masa pidana dan bukan kasus narkoba,” jelas Karutan.

Nimrot menjelaskan kegiatan penanaman jagung ini merupakan kegiatan penyelenggaraan Revitalisasi Pemasyarakatan yang disampaikan oleh Direktur Jenderal Pemasyarakatan sesuai dengan Permenkumham nomor 35 tahun 2018 yaitu pengoptimalan narapidana menjadi manusia yang produktif.

“Dimana dengan adanya kegiatan diharapkan para narapidana tidak hanya menghabiskan waktu selama menjalani pidana tetapi mereka dibina menjadi petani-petani baru dan mereka dapat menyumbang peningkatan negara berupa PNBP,” ujarnya.

Karutan berharap kepada pemerintah daerah untuk ikut serta mendukung pembinaan yang dilaksanakan oleh Pemasyarakatan, para napi tersebut merupakan anak-anak dari pemerintah daerah.

Nimrot menambahkan, Pemda hendaknya juga tidak pilih kasih kepada masyarakatnya yg baik dan jahat, sama halnya apabila kita punya anak.

“Kita juga harus memperlakukan sama anak yang baik dan jahat, agar kelak keduanya sama-sama sukses, begitu juga pemasyarakatan,” pungkas Karutan Kelas I Labuhan Deli. Berita Medan, red 

- Advertisement -

Berita Terkini