Evi Diana Melantik Ketua TP PKK dan Dekranasda Tapteng Masa Bhakti 2017-2022

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Tapanuli Tengah – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Provinsi Sumatera Utara, Ny Hj Evi Diana Erry Nuradi, secara resmi melantik Ny Citra Bakhtiar Ahmad Sibarani, sebagai Ketua TP PKK dan Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda), Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) masa bhakti 2017-2022, Jumat (2/6/2017) di Gedung Serbaguna Pandan.

Pantauan Awak Media, acara pelantikan diawali dengan pembacaan Surat Keputusan TP PKK Provinsi, tentang pemberhentian dan pengangkatan Ketua TP PKK Kabupaten Tapteng, yang dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara dan pemberian buku memori jabatan dari Plt Ketua TP PKK yang lama, Ny Sopharina Bukit Tambunab diwakili oleh Ny Trisna Hendri Susanto, kepada Ketua TP PKK yang dilantik.

Selanjutnya, Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Utara memberikan plakat penghargaan kepada Ny Sopharina Bukit Tambunan, atas pengabdian dan jasanya selama 9 bulan menjabat sebagai Plt Ketua TP PKK Tapteng.

Setelah dilantik sebagai Ketua TP PKK Kabupaten Tapteng, Ny Citra Bakhtiar Ahmad Sibarani, kembali dilantik sebagai Ketua Dekranasda Kabupaten Tapteng.

Dalam sambutannya, Bupati Kabupaten Tapteng Bakhtiar Ahmad Sibarani, berpesan kepada TP PKK agar berupaya memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat dalam pemberdayaan dan kesejahteraan rakyat.

“Pesan saya kepada ibu-ibu, jadikan PKK sebuah organisasi yang menjaga kekompakan, bukan hanya di lingkungan Pemerintah Daerah saja, tapi berdiskusilah bersama-sama ibu-ibu Forkopimda. Turun kelapangan, lihat apa kebutuhan masyarakat. Buat yang terbaik bagi Nusa dan Bangsa,” kata Bakhtiar.

Sambungnya, mengingatkan Tim PKK agar tidak menjadikan organisasi PKK menjadi ajang bisnis. Namun, kiranya dapat memanfaatkan organisasi itu dengan baik dan benar, sesuai dengan tugas dan tanggungjawabnya.

“Lakukan yang terbaik, jangan jadikan PKK jadi tempat bahan ngerumpi, ajang jualan tas dan baju. Tak usah ada jualan produk di PKK. Lakukan kerja dukung suami, maju tidaknya seorang suami itu ditangan istri. Jangan curhat di Media Sosial, jangan lebai. Saya minta PPK gelar buka puasa bersama, di Kecamatan mana pun itu. Kalau ingin Tapteng ini maju, Paten jawabannya, mengerti ibu-ibu,” tegasnya.

Ketua TP PKK dan Dekranasda Provinsi Sumatera Utara, Ny Evi Diana Erry Nuradi dalam sambutannya, menjelaskan tugas dan fungsi PKK, yang dimana dalam menjalankan tugas dan fungsinya berpedoman kepada hasil rakernas ke 8 Tahun 2015.

“Saya berpesan, harus berupaya meningkatkan pengetahuan tentang PKK. PKK itu tidak ada sekolahnya, jadi belajar dari pengalaman berturut kebawah. Sering-sering turun ke lapangan dengan pola sistim rentang kendali, harus mampu menguasai dan menjabarkan serta menjelaskan kepada ketua Tim PKK satu tingkat dibawahnya, sampai ketingkat desa. Serta mampu meningkatkan kesejahteraan keluarga, memenuhi kebutuhan masyarakat sampai ke akar rumput melalui kadernya. Upayakan memberikan penghargaan kepada para kader PKK, minimal uang transport,” jelas Evi.

Lanjut Evi, berharap kepada Ketua TP PKK yang baru dilantik, dapat memberikan kekuatan dan semangat yang baru, dengan lebih giat dalam menyukseskan program PKK, agar meningkatkan eksistensinya menciptakan trobosan baru yang lebih unggul, kreatif dan inovatif.

“Dengan semangat kerja keras dan kebersamaan, saya yakin akan mampu menjalankan tugas dan tanggungjawab yang sudah diamanahkan 5 Tahun kedepan. Kepada pengurus Dekranasda, saya berharap dapat bekerja dengan optimal, sehingga tujuan organisasi memberdayakan pengrajin dapat berkembang dengan baik. Terciptanya kesempatan berusaha serta membantu pendapatan daerah. Kami himbau agar kita bersama-sama menjadikan Sumut Paten,” harapnya.

Sementara itu, Gubernur Sumatera Utara dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Desa, Aspan Sofian Batubara, mengucapkan selamat kepada Ketua TP PKK sekaligus Ketua Dekranasda yang baru dilantik.

“Saya minta kepada Ketua TP PKK Tapteng, agar bermitra dengan Dinas Instansi dan unsur lainnya untuk mensukseskan 10 program pokok TP PKK dab pemberdayaan masyarakat. Kepada Ketua TP PKK Tapteng dan Dekranasda yang dilantik hari ini agar melestarikan dan mengembangkan kerajinan tenunan daerah, terutama kerajinan khas dan etnis,” ujarnya.

Dalam sambutan tertulis Gubernur juga disampaikan bahwa Dekranasda merupakan wadah berhimpunnya para pengrajin, hendaknya mendorong semangat kewirausahaan para pengrajin untuk meningkatkan daya saing produk mereka.

“Mempromosikan produk mereka dalam rangka perluasan pemasaran, seperti melaksanakan pameran. Dengan memakainya, kita juga telah membantu mempromosikan produk kerajinan daerah Sumatera Utara,” terangnya.

Pada akhir sambutan tertulisnya, Gubernur berharap Pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah, dapat berpartisipasi pada pameran Inacraf 2018, untuk mempromosikan produk kerajinan pengrajin Tapteng.

Informasi yang dihimpun Awak Media, Provinsi Sumatera Utara terpilih menjadi ikon Inacraf 2018, event pameran produk kerajinan Internasional. Berita Tapteng, Arjuna

- Advertisement -

Berita Terkini