Caleg Partai Demokrat DPRD Sumut, Abdul Rasyid Gelar Kelas Memasak

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, MEDAN – Kota Medan populer sebagai destinasi kuliner pilih tanding. Predikat ini semestinya menjadi celah bagi masyarakat, terutama kaum ibu-ibu untuk berperan memperkuat perekonomian keluarga.

Menyikapi hal ini, sekaligus menguatkan minat kaum wanita untuk membangun UMKM bidang kuliner, Ir H Abdul Rasyid ST ME menggelar Kelas Memasak Bang Rasyid selama dua hari, Kamis-Jumat, 30 November – 1 Desember 2023.

Pelatihan tersebut melibatkan chef jebolan Universitas Negeri Medan (Unimed) ini berlangsung di Posko Pemenangan Bang Rasyid di Jalan TB Simatupang, Komplek Royal Imperium No 25, Medan Sunggal, Kota Medan, Sumatera Utara.

Abdul Rasyid, yang merupakan Calon Legislatif (Caleg) Partai Demokrat untuk DPRD Sumut dengan Daerah Pemilihan Sumut II (Medan B, meliputi, Kecamatan Medan Baru, Medan Petisah, Medan Helvetia, Medan Barat, Medan Sunggal, Medan Selayang, Medan Tuntungan, Medan Johor, Medan Polonia dan Medan Maimun).

Abdul Rasyid bekerjasama dengan CV Ultra Outbound Adventure dalam mengadakan kelas memasak ini. Kegiatan itu melibatkan 40 peserta, terdiri dari kaum ibu maupun remaja putri.

Dipandu oleh Chef Alexander Chrisse Ginting, kelas memasak ini menargetkan para peserta mampu menyajikan tiga jenis makanan dan satu resep minuman sehat.

Ketiga jenis makanan dimaksud adalah Puding Bang Rasyid (Puding Daun Kelor), Jajanan Bang Rasyid dan Rice Bowl Nusantara. Sedangkan minuman sehat yang diajarkan diberi nama Teh Bang Rasyid (Teh Bunga Telang).

Kelas Memasak bersama Bang Rasyid dan Chef Alex ini dihadiri Ketua DPD Partai Demokrat Sumut, H Lokot Nasution ini dan kader Partai Demokrat pelaku UMKM kuliner, Agustina Chequitita Ali Talia atau yang akrab disapa Tita Ali.

Dalam sambutannya, Abdul Rasyid menjelaskan, orang-orang seantero negeri hanya mengenal dua jenis makanan di Kota Medan. “Yang pertama enak, yang kedua enak kali,” ujarnya di pembukaan acara.

“Jadi, orang-orang tak mengenal ada makanan tidak enak di Kota Medan ini. Inilah hebatnya Kota Medan,” tambah penggagas Gerakan #MedanHebat ini.

Dijelaskan Rasyid, dengan kondisi ini dirinya tergerak menginisiasi kegiatan Kelas Memasak Bang Rasyid. Tujuannya tak lain untuk membangkitkan minat memasak dan membangun UMKM bagi kaum ibu.

“Sekarang ini kita agak sedikit miris dengan kondisi lapangan pekerjaan yang ada di Indonesia. Dengan banyaknya kegiatan pelatihan-pelatihan seperti ini, bakal meningkatkan kemampuan dari kaum ibu, untuk memperbanyak referensi masakan-masakan yang enak dinikmati, sehat, tanpa biaya mahal dan bisa dijadikan bisnis kuliner untuk membuka peluang binsis khususnya di bidang makanan di Kota Medan,” paparnya.

Selain itu, Rasyid juga menegaskan, jika nanti dirinya dipercaya menjadi wakil rakyat di DPRD Sumut, dirinya bakal berjuang penuh untuk menjadikan Kota Medan sebagai Kota Ramah UMKM yang mampu meningkatkan pendapatan masyarakat dan juga pemerintah.

“Dengan banyaknya referensi dari chef-chef bersertifikat seperti Chef Alex, kita semua berharap agar para peserta bisa terus mengembangkan kemampuan memasaknya menjadi lebih baik lagi serta bisa membuka lahan pekerjaan khususnya di bidang kuliner,” katanya.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Demokrat Sumut, Lokot Nasution dalam kesempatan ini mengaku kagum dengan terobosan yang dibuat Abdul Rasyid dengan menggelar Kelas Memasak selama dua hari tersebut.

“Saya sudah beberapa kali mendatangi berbagai kegiatan akhir-akhir ini. Namun ini menjadi hal baru yakni Kelas Memasak Bang Rasyid menjadi salah satu kegiatan yang juga menarik minat saya,” ujarnya.

Ditambahkan Lokot Nasution yang juga maju sebagai Caleg DPR RI untuk Dapil Sumut I, meliputi Kota Medan, Kabupaten Deliserdang, Kabupaten Sergai dan Kota Tebingtinggi ini, para peserta diharapkan bisa menyerap apa yang diajarkan Chef Alex dalam meramu berbagai bahan makanan dengan bahan dasar yang tidak mahal menjadi makanan enak, sehat dan berkualitas.

“Kita harap kegiatan seperti ini bisa bermanfaat dan menjadi salah satu motivasi untuk terus membangkitkan UMKM Kuliner yang saat ini semakin menjanjikan sebagai usaha yang mampu meningkatkan perekonomian masyarakat,” tutupnya.

Pada hari pertama kegiatan, Kamis, 30 November 2023, Kelas Memasak Bang Rasyid mengadakan pelatihan membuat Puding Bang Rasyid, yang memakai bahan baku daun kelor, serta Teh Bang Rasyid, yang berisi berbagai ramuan seperti Bunga Telang, Jahe, Madu serta bahan-bahan lainnya dan jajanan Bang Rasyid.

Sedangkan di hari kedua, Jumat, 1 Desember 2023, Kelas Memasak Bang Rasyid, menyajikan pembuatan Rice Bowl Nusantara, yang hasilnya dibagikan kepada para pengguna jalan di Jalan TB Simatupang. (Red)

- Advertisement -

Berita Terkini