DPP BMRB, Bicara Pengembangan Potensi Anak Muda

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Riau – Dewan Pimpinan Pusat Barisan Muda Riau Bersatu (DPP BMRB) bicarakan pengembangan potensi anak muda bersama Edwin Pratama Putra, SH  yang saat ini merupakan Anggota  Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia periode 2019-2024 Daerah Pemilihan Provinsi Riau.

Dalam diskusi ini dihadiri oleh Riki Zaputra, M. Pd yang merupakan Ketua Umum BMRB, Rudi Irawan S. Pd selaku Sekjen BMRB, Rivaldi, S. Pd.I Waketum I Bidang Keorganisasian, ada juga Bung Abdul Mutholib, S. Pd.I.,M.Pd Waketum III Bidang Kesejahteraan, dan Delpi Susanti, S. IP., M. IP selaku Ketua DPP Pendidikan Litbang dan Pemberdayaan Perempuan sekaligus Ketua DPP Srikandi BMRB.

Sesi yang dimulai dengan pengenalan organisasi, oleh RI selaku Sekjend yang membuka sebagai moderator diskusi, pinangan khusus DPP BMRB kepada kanda Edwin Prama sebagai Pembina BMRB. “Sinergitas program yang diusungkan dari Riau lebih baik agar bisa menjadi generasi Riau terbilang dikancah Nasional,” tutur Riki Zaputra, Minggu (3/11/2019).

Selanjutnya, kata Riki, saat ini jika dikaji secara mendalam tidak semua pemuda memiliki cita-cita luhur untuk menjadikan bangsa ini bangsa yang lebih maju, sementara suatu bangsa pastinya memiliki harapan yang besar agar pada masa yang akan datang para pemuda dapat menjadikan bangsa Indonesia ini bangsa yang lebih maju. Terkhusus dalam hal ini Riau dengan selogan Riau Lebih Baik diharapkan akan membawa potensi kaum muda supaya bersinergi dengan para pemangku kebijakan dan yang menjalankan kebijakan.

“Tentunya dalam keinginan mewujudkan Riau Lebih Baik maka akan ada yang tak baik menjadi baik. Persoalan- persoalan yang seharusnya bisa terkoordinirkan oleh kaum muda sebagai agent perubahan. Sosok pemuda diharapkan dapat melanjutkan perjuangan dari generasi sebelumnya. Sebagai mana pendapat Surakhman, pemuda merupakan lapisan eksponental bangsa, yang berjumlah 30% dari jumlah seluruh bangsa Indonesia dan merupakan lapisan yang penuh dengan dinamisme, vitalitas heroism,” jelasnya.

Kendati demikian, ketenagakerjaan merupakan isu utama yang diangkat selama ini baik terutama dalam kampanye baik dalam pemilihan Kepala Desa, Bupati/Walikota, Gubernur, maupun dalam pemilu mulai dari DPRD, DPRD Prov. DPD, serta dalam kampanye orang nomor 1 di indonesia sekalipun Presiden RI. Kaum muda saat ini mewakili hampir setengah dari pengangguran di dunia.

Delpi Susanti menjelaskan, secara keseluruhan, angka pengangguran kaum muda meningkat hampir sebesar empat kali lipat dibandingkan dengan angka pengangguran orang dewasa. Selain itu, kaum muda yang tidak terberdayakan (pengangguran dan pengangguran terselubung) di pasar kerja dan kaum muda yang tidak tersentuh (baik oleh pendidikan maupun angkatan kerja) di kalangan perempuan muda. “Potensi penuh mayoritas kaum muda belum tergali karena mereka tidak memiliki akses terhadap pekerjaan yang produktif,” tutur Ketua DPP PLPP dan Ketua DPP Srikandi BMRB itu.

Dengan demikian, ungkap Delpi, dengan hadirnya Tokoh Muda yang diduduk dikancah Nasional bisa membuka peluang untuk masyarakat terkhusus Riau sehingga dalam alur kerjanya system politik masyarakat bisa mengenali diri dari sisi Input, Output dan Outcome sebagai proses penerapan kebijakan. Sehingga kebijakan yang dihasilkan merupakan kebijakan yang sesuai dengan Demand (tuntutan), kemudian di Support (didukung) sehingga diproses dan menjadi kebijakan yang diterima di Environtment (lingkungan) sehingga benar-benar terjalin alur Feed Back (timbal balik) dari masyarakat yang terwakili. Berita Riau, DS

- Advertisement -

Berita Terkini