Dekan Fisip Universitas Al- Ghifari Dr. Dina Dorong warga Mekarjaya Kuliah di Unfari

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Bandung – Mahasiswa KKN Universitas Al-Ghifari Bandung menyelenggarakan Seminar dengan mengambil tema peningkatan SDM Desa Mekarjaya, Sabtu (08/07/2023) bertempat di Aula Desa Mekarjaya Kecamatan Arjasari Kabupaten Bandung.

Kepala Desa Mekarjaya, Oong saat membuka acara seminar mengungkapkan apresiasi dan terima Kasih kepada Kelompok 12 KKN Univeraitas Al-Ghifari tersebut.

“Saya sudah cek ke para RW mengenai kiprah mahasiswa KKN Unfari yang dinilai sangat positif dan mahasiswanya sangat rajin dan giat dalam membantu warga,” ungkapnya.

Hadir sebagai narasumber Ketua Umum Perhimpunan Humas Perguruan Tinggi Indonesia (Perhumani) yang juga Akademisi Fisip Universitas Langlangbuana Dr. Ahmad Zakiyuddin, S.H., S.IP., M.I.Kom., dan Dekan Fisip Unfari Dr. Dina S.IP., M.Si.

Dalam paparannya Zakiyuddin membagikan materi rumus pengembangan potensi SDM bagi warga desa.

Zakiyuddin mengungkapkan setidaknya ada tiga rumus peningkatan SDM yaitu MST yaitu membaca, silaturahmi dan taqwa.

“Siapapun yang ingin meningkatkan SDM harus banyak membaca, baik membaca diri, membaca alam semesta dan membaca diri,” ungkap Zakiyuddin.

Katanya, membaca diri salah satunya adalah memahami bahwa dalam diri sesungguhnya adalah sebuah kerajaan dan didalam kerajaan tubuh ada pintu kerajaan yang disebut dada.

“Dada adalah tempat masuknya energi baik yang positif atau negatif yang dalam bahasa Alquran disebut dengan bisikan yang berasal dari Zin dan Manusia,” kata Zakiyuddin.

Dalam menghadapi bisikan atau energi negatif tersebut, lanjutnya, dibutuhkan upaya sadar yaitu dengan banyak mengingat Allah.

Sementara ditempat yang sama Ketua PMB Unfari Dr. Dina menyoroti SDM Desa.
Menurutnya SDM Desa yang paling penting adalah bagaimana kita meningkatkan partisipasi warga untuk mengeyam pendidikan.

“Kita bangun kesadaran warga agar mau bersekolah baik dari tingkat dasar sampai masuk Perguruan Tinggi,” tegas Dina.

Selanjutnya Dina menambahkan kampus universitas Alghifari membuka kesempatan untuk warga mengikuti seleksi beasiswa KIP Kuliah.

“Beasiswa KIP Kuliah ini harus dimanfaatkan oleh masyarakat agar bisa gratis Kuliah dan juga mahasiswa mendapatkan uang saku dari Pemerintah sehingga bisa mengurangi beban biaya operasional mahasiswa dalam menempuh studi,” ujarnya.

“Saya mengajak karangtaruna untuk berkolaborasi dan diawali dengan melakukan pendataan lulusan yang berminat kuliah apalagi Unfari dan Desa Mekarjaya sudah menandatangani Nota Kerjasama,” pungkas Dina. (Red)

- Advertisement -

Berita Terkini