Kuliah Singkat Ramadhan (KUSIRAM) FKM UIN-SU: Riset Puasa untuk Kesehatan Masyarakat

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (FKM UIN-SU) kembali mengadakan kegiatan Kuliah Singkat Ramadhan (KUSIRAM) dengan tema “Riset Puasa untuk Kesehatan Masyarakat” pada hari Sabtu (23/04/2022) pukul 06.00 WIB.

Kegiatan tersebut merupakan rangkaian ke-4 dari total yang dijadwalkan 7 kali rangkaian pelaksanaan selama bulan Ramadhan dengan narasumber Tri Bayu Purnama M.Med., Sci dan moderator apt.Wahyudi, S.Farm., M.Si.

Kuliah Singkat Ramadhan (KUSIRAM) FKM UIN-SU
Tangkapan layar (Foto: Dok Istimewa)

Peserta dalam kegiatan ini terdiri dari dosen, staf dan mahasiswa di lingkungan UIN SU yang dilaksanakan secara daring via aplikasi Zoom meeting.

Pembukaan kegiatan ini diawali dengan kata sambutan oleh Dekan FKM UIN-SU yaitu bapak Prof. Dr. Syafaruddin, M.Pd yang menyampaikan bahwa setiap muslim harus cermat dalam berpuasa agar tidak masuk ke golongan orang yang berpuasa, namun hanya mendapatkan lapar dan dahaga saja.

Beberapa hal penting yang disampaikan oleh narasumber pada kegiatan ini adalah bahwa dalam riset kesehatan masyarakat ada beberapa jenis puasa yaitu Alternate-Day Fasting (ADF), Alternate-Modified-Day Fasting (AMDF), Time Restricted Feeding (TRF), Periodic Fasting (PF) dan Common Religious Fasts.

Kuliah Singkat Ramadhan (KUSIRAM) FKM UIN-SU
Tangkapan layar (Foto: Dok Istimewa)

“Riset-riset terkait puasa terhadap kesehatan masyarakat menunjukkan bahwa puasa memberikan dampak yang sangat positif terhadap kesehatan diantaranya penurunan Body
Mass Index (BMI), penurunan kadar glukosa darah, meningkatkan laju filtrasi glomerulus ginjal, dan penurunan kadar kolesterol,” papar Tri Bayu Purnama.

Walhasil, Ia memaparkan materinya bahwa selayaknya para akademisi dapat melakukan syiar Islam dengan melakukan riset-riset terhadap manfaat dari ibadah-ibadah yang ada dalam Islam.

Kegiatan ini berjalan dengan baik disertai dengan beberapa pertanyaan dan tanggapan dari para peserta hingga akhir acara. (red)

- Advertisement -

Berita Terkini