FKM UIN-SU Gelar Workshop Penyusunan SOP

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Karo – Dalam upaya mencapai standarisasi untuk memudahkan penyelesaian pekerjaan serta meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelaksanaan tugas dan tanggung jawab individu dalam organisasi, Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (FKM UIN-SU) melaksanakan kegiatan workshop penyusunan standar operasional prosedur (SOP) FKM UIN-SU di Berastagi Cotttage, Selasa-Kamis (12 -14/4/2022).

Ketua panitia Reni Agustina Harahap, S.ST., M.Kes. dalam sambutannya menyampaikan bahwa dalam workshop penyusunan SOP ini, nantinya para peserta akan dibagi ke dalam beberapa kelompok untuk menyusun kembali atau merivisi point-point tertentu disesuaikan dengan kebutuhan dan berdasarkan peraturan terbaru.

FKM UIN-SU
Dekan FKM UIN-SU Prof. Dr. Syafaruddin, M.Pd., Wakil Dekan III Dr. Salamuddin, MA., (Foto: Dok Istimewa)

Prof. Dr. Syafaruddin, M.Pd., Dekan FKM UIN-SU dalam sambutannya menyampaikan bahwa tujuan penting dari SOP ini adalah menetapkan acuan pelaksanaan kerja, atau cara kerja yang sudah terstandarisasi. SOP ini untuk memastikan pekerjaan berjalan lancar dan rapi serta tercapainya tujuan yang sudah ditetapkan.

“Maka adalah kewajiban kita untuk menata FKM menjadi fakultas yang bekerja dengan memperhatikan tata kelola yang baik, berbasis kepada pencapaian mutu berkelanjutan. Untuk itu, peranan unit penjaminan mutu FKM sangat strategis dalam menyiapkan standar operasional prosedur (SOP) dalam bidang akademik, administrasi/manajemen, keuangan, penelitian, pengabdian masyarakat, kerjasama, dan lain-lain. Mari kita dengan penuh kesadaran, niat baik dan ibadah serta keikhlasan untuk menggunakan waktu selama tiga hari ini untuk menghasilkan SOP sebagai pedoman kerja,” jelas Prof Syafaruddin.

FKM UIN-SU
Dekan FKM UIN-SU Prof. Dr. Syafaruddin, M.Pd., Wakil Dekan III Dr. Salamuddin, MA., (Foto: Dok Istimewa)

Kegiatan ini juga dirangkai dengan tausyiah singkat menjelang berbuka puasa yang disampaikan oleh Hery Sahputra, M.TH., Dosen Hadis FKM UIN-SU. Beliau menyampaikan bahwa puasa yang dilaksanakan pada bulan Ramadhan selain sebagai bentuk ketaqwaaan kepada Allah SWT juga terdapat banyak manfaat untuk kesehatan.

“Sejak masa rasul disampaikan bahwa makan tidak boleh terlalu keyang, perut kita harus dibagi menjadi sepertiga bagian yakni untuk makan, minum dan udara. Dewasa ini dalam dunia medis diakui, berdasarkan hasil riset bahwa pola makan seperti inilah yang sangat baik untuk kesehatan,” paparnya.

FKM UIN-SU
FKM UIN-SU menggelar Workshop Penyusunan SOP (Foto: Dok Istimewa)

Acara yang berlangsung selama tiga hari ini juga diikuti oleh beberapa pejabat di lingkungan FKM UIN-SU diantaranya Wakil Dekan 1 Dr. Mhd. Furqan, S.Si, M. Comp., Sc., Wakil Dekan III Dr. Salamuddin, MA., Sub koordinator akademik dan alumni Dr. Nurul Ilmi, S.Ag., M.H., Sub koordinator administrasi umum dan keuangan Asriani, S.Ag. (red)

 

- Advertisement -

Berita Terkini