Al-Ittihadiyah Gelar Seminar Tahun Baru Islam 1443 H

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – STIT Al-Ittihadiyah Labuhanbatu Utara (STIT AILU) melaksanakan Seminar Tahun Baru Islam 1443 H bekerjasama dengan DPW Al-Ittihadiyah Sumatera Utara dan DPD Al-Ittihadiyah se-Sumatera Utara pada hari Selasa (10/8/2021).

Kegiatan tersebut dilaksanakan mulai pukul 09.00 WIB sampai pukul 12.00 WIB dengan empat narasumber yaitu: Prof. Dr. H. Syafaruddin, M.Pd, Dr. H. M. Hasbie Ashshiddiqie, MM.M.Si, Drs. H. Hamdan Manurung, M.Pd dan Dr. H. Sugeng Wanto, M.Ag. Peserta pada seminar ini keluarga besar Al-Ittihadiyah se-Sumatera Utara dan mahasiswa STIT Al-Ittihadiyah Labuhanbatu Utara.

Al-Ittihadiyah Gelar Seminar
Ketua STIT Al-Ittihadiyah Labuhanbatu Utara Dr. Mursal Aziz, M.Pd.I (dok istimewa)

Ketua STIT Al-Ittihadiyah Labuhanbatu Utara Dr. Mursal Aziz, M.Pd.I dalam kata sambutan menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan rutin Kampus STIT AILU setiap tahun, yang membedakannya pada tahun ini dilaksankan secara daring sekaligus melibatkan seluruh DPD Al-Ittihadiyah se-Sumatera Utara.

“Berharap melalui kegiatan ini dapat mensyiarkan Tahun Baru Islam 1443 H sekaligus memperkuat Ukhuwah Islamiyah melalui organisasi Islam Al-Ittihadiyah dalam berkontribusi untuk kemajuan umat dan kebangkian Nasional,” imbuhnya.

Mursal turut bangga dengan kemajuan DPD Al-Ittihadiyah Kota Tebing Tinggi baik pada bidang dakwah, sosial dan kaderisasi. Diharapkan Al-Ittihadiyah Kota Tebing Tinggi menjadi contoh untuk Al-Ittihadiyah di kabupaten dan kota lain.

Al-Ittihadiyah Gelar Seminar
Prof. Dr. H. Syafaruddin, M.Pd (dok istimewa)

Prof. Dr. H. Syafaruddin, M.Pd dalam paparannya menyampaikan bahwa peran Al-Ittihadiyah harus ditingkatkan untuk kemajuan umat. Dalam momentum tahun baru Islam 1443 H umat Islam harus berupaya dapat Hijrah ke arah yang lebih baik.

“Al-Ittihadyah sebagai organisasi Islam harus dapat berkontribusi mempasilitasi untuk kemajuan umat baik dalam bidang pendidikan, ekonomi maupun politik,” ungkapnya.

Dekan FKM UIN-SU Medan itu sangat mengapresiasi kegiatan Seminar Tahun baru Islam yang diprakarsai oleh STIT Al-Ittihadiyah Labuhanbatu Utara. Melalui seminar ini diharapkan terjalin silaturrahmi dan kerjasama antar Al-Ittihadiyah berbagai daerah.

Al-Ittihadiyah Gelar Seminar
Dr. H. Muhammad Hasbie Ashshiddiqie (pakai jas)

Dr. H. Muhammad Hasbie Ashshiddiqie sebagai Ketua Umum DPD Al-Ittihadiyah Kota Tebing Tinggi dalam paparan materinya menyampaikan tentang Peran Strategis Organisasi Islam dalam Kebangkitan Umat.

“Paling tidak ada tiga pilar perjuangan Al-Ittihadiyah saat ini yaitu: ekonomi, dakwah dan kaderisasi. Sehingga diharapkan melalui tiga pilar perjuangan Al-Ittihadiyah dapat memaksimalkan peran umat untuk kemajuan Islam sehingga pendidikan, dakwah, ekonomi, sosial dan politik Al-Ittihadiyah bangkit,” jelasnya.

Drs. H. Hamdan Manurung, M.Pd sebagai Ketua DPD Al-Ittihadiyah Toba Samosir dalam paparannya menyampaikan bahwa Al-Ittihadiyah di Toba Samosir terus berkontribusi untuk kemajuan Umat Islam di Toba Samosir, karena wilayah ini termasuk wilyah minoritas.

“Walaupun umat Islam di daerah tersebut minoritas tetapi Al-Ittihadiyah dapat menjadi warna dalam kehidupan sosial dan bermasyarakat,” ungkapnya.

Al-Ittihadiyah Gelar Seminar
Dr. H. Sugeng Wanto, M.Ag (kanan bawah)

Dr. H. Sugeng Wanto, M.Ag mengatakan bahwa dalam memajukan organisasi Islam harus didahului dengan Niat yang baik dan ikhlas.

“Mengapresiasi STIT AILU yang mengadakan acara seminar ini sebagai ajang silaturrahmi. Selain itu juga beliau sangat mengapresiasi kemajuan dan peran DPD Al-Ittihadiyah Kota Tebing Tinggi sebagai organisasi Islam yang berkontribusi untuk kemajuan umat di Tebing Tinggi melalui kegiatan dakwah, ekonomi dan kaderisasi di Tebing Tingggi,” tuturnya.

Setelah penyampaian para narasumber dilakukan tanya jawab terbuka. Dedi Sahputra Napitupulu, M.Pd sebagai moderator mempersilahkan peserta bertanya termasuk Dr. H. M. Hamzah dari Aceh yang mengikuti acara awal sampai akhir bertanya tentang upaya-upaya yang dilakukan Ketua DPW Al-Ittihadiyah Kota Tebing Tinggi dan Al-Ittihadiyah Toba Samosir dalam memajukan organisasi Islam di daerah masing-masing.

Acara seminar tersebut diikuti peserta dengan antusias dan ditutup pada menjelang waktu Zuhur. (red)

- Advertisement -

Berita Terkini