Pendaftaran Mahasiswa Baru Program Magister Ilmu Al-Quran dan Tafsir Ditutup 21 Juli 2020

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Sesuai surat Wakil Rektor I UIN-SU Medan awal bulan Juli yang lalu, bahwa penerimaan mahasiswa Program Magister (S2) Ilmu Alquran dan Tafsir (IAT) UIN-SU Medan akan berakhir tanggal 21 Juli 2020.

Sebab itu kepada masyarakat disampaikan informasi ini agar tidak terlambat mendaftarkan diri memasuki jenjang strata II atau magister bidang ilmu Alquran dan Tafsir.

Program Magister Ilmu Alquran dan Tafsir saat ini sudah berusia 4 tahun dan sudah menamatkan 2 angkatan, yaitu angkatan 2017 dan 2018. Mahasiswa yang mendaftar S2 IAT selama 4 tahun terakhir dimasa pengelolaan Ketua Prodi Dr. Husnel Anwar, M.Ag., dan Sekretaris Abrar M Dawud Faza, MA ini senantiasa mendapatkan jumlah penerimaan mahasiswa baru yang cukup signifikan setiap tahunnya.

Dekan Fakultas Ushuluddin UIN-SU Medan, Prof. Dr. Katimin, M.Ag., menyampaikan bahwa pengelolaan program magister Ilmu Alquran dan Tafsir telah berjalan dengan baik sesuai regulasi tata kelola yang sudah ditetapkan dalam Renstra (Rencana Strategis) program studi.

“Pimpinan fakultas mengucapkan terimakasih dan apresiasi yang tinggi atas dedikasi pengelola program studi sehingga program studi ini begitu diminati masyarakat dan menjadi ikon program magister terbaik di lingkungan UIN Sumatera Utara,” imbuhnya.

S2 IAT juga telah memiliki akreditasi dengan peringkat B. Ketua Program Studi, Dr. Husnel Anwar, M.Ag., menegaskan bahwa penerimaan mahasiswa tahun keempat pada 2020 ini lebih istimewa dari tahun-tahun sebelumnya.

“Alhamdulillah di tahun ini terasa lebih istimewa disebabkan program studi kita sudah memiliki predikat akreditasi B dari BAN-PT pada bulan Januari 2020 yang berlaku hingga tahun 2024 dan saat ini sudah mendaftar sebanyak 13 orang, hal ini tentu lebih menyakinkan bagi calon-calon mahasiswa yang akan mendaftar lagi beberapa hari kedepan, di samping tentunya program magister ini sangat bermanfaat bagi pengembangan dakwah dan pendidikan Islam di tengah-tengah masyarakat,” ujar Dr. Husnel Anwar, M.Ag.

Pendaftaran mahasiswa baru sudah dibuka sejak April 2020 lalu dan akan berakhir pada tanggal 21 Juli 2020. Pendaftaran dilakukan dengan terlebih dulu membayar biaya pendaftaran sebesar Rp. 300.000,- melalui teller Bank BNI Syariah atau Konvensional dengan menyebutkan pendaftaran program magister (S2) reguler, selanjutnya nanti pada slip pembayaran tercantum kode username dan password pendaftaran secara online di laman website http://pmb.uinsu.ac.id.

Kemudian Abrar M Dawud, MA,Sekretaris Prodi, menambahkan bahwa pengelola prodi dapat membantu proses pendaftaran calon mahasiswa baru dengan menghubungi staf di nomor HP/WA 081360783484 atau melihat langsung pengumuman penerimaan mahasiswa baru di laman http://iat-s2.uinsu.ac.id/berita/read/148/penerimaan-mahasiswa-baru-ta-2020-2021.html.

“Insya Allah nanti prodi akan membantu keseluruhan proses pendaftaran sehingga calon mahasiswa baru tidak mengalami kendala yang berarti,” pungkasnya.

Di tempat terpisah, Wakil Dekan I Dr. Arifinsyah, M.Ag, memberikan penjelasan bahwa program magister ini berada di Fakultas Ushuluddin dan Studi Islam UIN Sumatera Utara dengan menerapkan sistem Satuan Kredit Semester (SKS) sebanyak 43-49 SKS dan menggabungkan antara mekanisme perkuliahan 3 semester dan penelitian 1 semester sehingga empat semester sudah dapat tamat dengan memperoleh gelar M.Ag (Magister Agama).

“Program ini di asuh oleh para ahli di bidangnya dengan kualifikasi S3 dan Profesor serta secara tentatif mendatangkan dosen tamu dari dalam dan luar negeri dengan kualifikasi lulusan ditargetkan menjadi mufassir, peneliti maupun ahli dibidang Ilmu Alquran dan Tafsir berbasis turasts, sains, dan teknologi,” ujar Wakil Dekan I Dr. Arifinsyah, M.Ag. Berita Medan, red

- Advertisement -

Berita Terkini