Wakil Rektor III UIN Sumut, Hadiri Pembukaan Seleksi Santri Berprestasi Tingkat Nasional

Wakil Rektor III UIN Sumut
Wakil Rektor III UIN-SU Dr. H. Nisful Khoiri, M.Ag, menghadiri Pembukaan Persiapan Seleksi CBT PBSB di lingkungan Kementerian Agama RI

MUDANEWS.COM, Bogor – Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN Sumut) melalui Wakil Rektor III Dr. H. Nisful Khoiri, M.Ag, menghadiri Pembukaan Persiapan Seleksi CBT Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) di lingkungan Kementerian Agama RI, melalui Perguruan Tinggi mitra tujuan PBSB. UIN Sumatera Utara merupakan salah satu Perguruan Tinggi yang d tunjuk sebagai mitra Program Nasional Kementrian Agama.

“Kegiatan seleksi ini dilaksanakan Kementrian Agama bersama Perguruan Tinggi yang di tunjuk sebagai mitra Program yang bertujuan menjaring santri-santri potensial yang tamat dari berbagai Pondok Pesantren yang ada di seluruh Nusantara yang di perkirakan jumlah santri yang tamat tersebut lebih dari empat juta orang, bahkan lebih,” ujar Dr. Nisful Khoiri kepada media via telepon , Rabu (21/3/2021) langsung dari Kota Bogor.

Kegiatan Seleksi Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) ini dimaksudkan untuk menjaring santri-santri terbaik yang belajar di Pondok Pesantren di Indonesia, hal ini sejalan dengan visi Pemerintah, agar sistem pembelajaran di Pondok Pesantren mengadopsi perkembangan sistem pembelajaran di luar Pondok, hal ini dimaksudkan agar posisi para alumni Pondok Pesantren sejajar dengan alumni di lembaga Pendidikan non Pesantren lainnya.

“Seperti kita ketahui, bahwa sistem Pendidikan di Pondok Pesantren sangat disiplin, mandiri dan memiliki kemampuan pemahaman agama yang baik, karena sistem pembelajarannya terkelola dengan baik, perpaduan ilmu pengetahuan umum dan agama, sehingga di harapkan lahirnya calon Pemimpin negara mendatang yang pintar secara intelektual dan cerdas secara spiritual,” tambah Wakil Rektor III UIN Sumut.

Ini merupakan langkah yang baik dan di harapkan Program ini dapat berjalan setiap tahun ajaran baru. “Kami sebagai pengelola Perguruan Tinggi Islam sangat bersyukur dengan adanya Program ini, karena melalui Program Kemitraan dengan Perguruan Tinggi akan lahir Sumber Daya Manusia yang unggul, di sebabkan seleksi penerimaan mahasiswa yang nantinya akan kuliah di masing-masing Perguruan Tinggi mitra PBSB ini sangat selektif,” ujar Ketua PW Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Sumatera Utara ini.

Ujian pada tahun ini dilakukan melalui sistem CBT berbasis Android. Pelaksana seleksi tahap Pertama, tes berbasis elektronik pada tanggal 28 April 2021 dan pengumuman hasil seleksi tahap pertama tanggal 7 Mei 2021.

Selanjutnya seleksi tahap kedua, tes lisan secara online tanggal 18-21 Mei 2021, dan pengumuman hasil seleksi tahap kedua ini tanggal 31 Mei 2021.

Peserta yang dinyatakan lulus seleksi selanjutnya melaporkan legislasi administrasi pada Kantor Kementrian Agama Provinsi tanggal 1-8 Juni 2021.

Pendaftaran pada Perguruan Tinggi mitra PBSB (disesuaikan dengan Kalender Akademik Perguruan Tinggi mitra masing-masing) dan masa perkuliahan di Perguruan Tinggi mitra Program disesuaikan Kalender Akademik Perguruan Tinggi Mitra masing-masing.

Seleksi CBT Program Beasiswa Santri Berprestasi Kementerian Agama RI Tahun Anggaran 2021, di laksanakan Rabu sampai Jum’at (21-23 April 2021) bertempat The Sahira Hotel Bogor. (AS)