Pemilu Kunci Sukses Bangsa

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Opini – Pemilihan umum yang baik itu sangat wajib diwujudkan dan itu perlu. Namun, hingga saat ini juga amat dirindukan. Agenda terbesar pada tahun 2024 mendatang adalah pemilu serentak.

Republik Indonesia merupakan negara yang menganut sistem demokrasi. Dengan sistem pemerintahannya yang diselenggarakan dari rakyat, oleh rakyat, dan untuk rakyat. Dimaksudkan negara demokrasi berarti adanya pemilihan umum (pemilu), dan sudah pasti kunci negara Indonesia sukses ada pada kesuksesan didalam pemilunya.

Kesadaran bersama memperbaiki bangsa dan negera tercinta ini seharusnya menjadi kekompakan bagi Pemerintah dan masyarakat. Pemilu bukan sekedar memilih pemimpin atau wakil rakyat, tapi juga harus memperbaiki cara memilihnya.

Mewujudkan perbaikan dalam pemilu bukan sekedar sistemnya saja, namun cara pemilih dalam memilih pemimpin juga harus diperbaiki. Pemilih yang bijak harus berkontemplasi tentang nasib bangsa kedepannya ketika dipimpin dengan yang ia pilih. Sebab membenahi Republik ini adalah tanggung jawab seluruh masyarakat Indonesia.

Akan sulit lahir pemimpin yang amanah kalau bukan dari pemilih yang amanah. Menjadi pemilih kita harus amanah dahulu untuk bisa menciptakan pemimpin yang amanah, sehingga ia akan menjadi amanah dalam mengelola tatanan kenegaraan.

Mengutip pendapat Robert F. Kennedy “Pemilu mengingatkan kita tidak hanya tentang hak, tetapi tanggung jawab kewarganegaraan dalam berdemokrasi.” Itu artinya, nilai-nilai tanggung jawab seyogyanya pastilah akan kita pertanggung jawabkan dihadapan Tuhan.

Pemilu yang baik itu hanya lahir dari cara yang terpuji, yakni yang selalu berlindung didalam aturan. Tanggung jawab mewujudkan Indonesia yang maju juga harus berusaha menciptakan pemilu yang baik.

Pertanyaannya apa yang akan terjadi bila pemilu tidak berjalan baik, tentu jawabannya di negara ini bisa menimbulkan gejolak yang bahaya. Dan itu terbukti dengan adanya demonstrasi disekitar gedung Bawaslu pada 21-22 Mei 2019, yang menewaskan 7 orang dan 730 orang luka-luka, tentu itu tidak kita inginkan terjadi kembali pada tahun 2024 mendatang.

Mulai detik ini harus sudah tertanam dalam jiwa kita masing masing untuk menciptakan pemilu yang baik, agar hasil dari pemilu tersebut membuahkan hasil yang baik pula, sehingga negara indonesia yang kita cintai ini dipimpin oleh orang orang yang baik dan amanah.

Kerja besar menumbuhkan pemilu yang baik harus dengan semangat kemauan tingkat tinggi. Tak ada kata tak bisa, selagi kemauan itu ada untuk membuat pemilu yang lebih baik.

Oleh : Handi Gunawan SH

- Advertisement -

Berita Terkini