Peringatan Milad ke-6 FKM UIN-SU Medan

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (FKM UIN-SU) Medan menggelar Milad ke-6, bertempat di auditorium FKM Kampus V UIN-SU Tuntungan pada hari Rabu (29/12/2021).

Acara tersebut dihadiri Dekan Prof. Dr. Syafaruddin, M.Pd, Wakil Dekan I Dr. Mohd. Furqon, M,Com, Sc, Wakil Dekan III Dr. Salamuddin MA. Ketua Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat Susilawati, M.Kes, dan Sekretaris Prodi dr. Novi Susanti, M.Kes, dan civitas akademika FKM UIN-SU Medan.

Milad ke-6 FKM UIN-SU Medan
Orasi ilmiahnya, Muhammad Zali, Lc., MH., (kanan)

Dalam orasi ilmiahnya, Muhammad Zali, Lc., MH., menjelaskan bahwa acara tasyakuran Milad ke-6 ini merupakan bentuk rasa syukur yang membawa rahmat dan serta sekaligus keberkahan. Karena itu, menurutnya rahmat adalah suatu kelebihan yang diberikan Allah SWT setelah usaha yang dilakukan, sedangkan keberkahan adalah suatu kenikmatan yang diberikan Allah tanpa harus dengan banyak berusaha.

“Rahmat akan didapati oleh semua orang beriman atau tidak beriman. Dalam hal ini rahmat ada yang membawa berkah dan ada yang tidak. Rahmat yang diberikan oleh Allah SWT akan membawa berkah manakala disyukuri dengan penuh keyakinan terhadap kemahakuasaan dan kemahakayaan Allah. Melalui peringatan milad ke-6 FKM UIN-SU, harus ada refleksi kita sebagai evaluasi diri untuk memastikan pencapaian visi, misi, tujuan dan sasaran FKM melalui strategi perencanaan yang dilaksanakan selama ini dalam usia ke 6,” tambahnya.

Milad ke-6 FKM UIN-SU Medan
Foto bersama Dekan Prof. Dr. Syafaruddin, M.Pd, Wakil Dekan I Dr. Mohd.Furqon, M,Com, Sc, Wakil Dekan III Dr. Salamuddin MA. Ketua Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat Susilawati, M.Kes, dan Sekretaris Prodi dr. Novi Susanti, M.Kes, dan civitas akademika FKM UIN-SU Medan dan mahasiswa

Lebih lanjut Muhammad Zali, sejauhmana FKM UIN SU telah mencapai prestasi dalam bidang akademik dan non akademik, dan Alhamdulillah capaian selama ini sudah akreditasi B (sangat baik).

“FKM harus bersatu semua kekuatan sumberdayanya, terutama dengan membangun kerjasama yang kuat, berkomitmen, bersinergi dan meningkatkan keikhlasan supaya rahmat yang kita peroleh mendapat berkah dari Allah SWT. Kita bekerja sesuai tugas pokok dan fungsi, yang bukan pekerjaan kita jangan dikerjakan sehingga tidak terjadi disfungsional. Kita syukuri semua prestasi yang sudah dicapai akan menjadi berkah, meningkatkan kualitas secara terus menerus,” tuturnya.

Milad ke-6 FKM UIN-SU Medan
Dekan Prof. Dr. Syafaruddin, M.Pd, memberikan kata sambutan

Dalam sambutannya, Dekan FKM UIN-SU Medan, Prof. Dr. Syafaruddin, M.Pd, menjelaskan bahwa kinerja FKM UIN-SU Medan dalam usia ke-6 terus meningkat. Paling tidak setiap tahun prestasi akademik dan non akademik mahasiswa terus meningkat dalam skala nasional dan internasional terus diraih.

“Pada saat ini jumlah mahasiswa mencapai 2.500 an, dengan alumni 243 orang. Dosen tetap diproyeksikan mencapai 39 orang lulusan dalam dan luar negeri. Dengan prestasi dan promosi yang baik, peminat Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat termasuk menjadi salah satu prodi di UIN-SU yang terbanyakpeminatnya tahun akademi 2021 mencapai 400-an orang,” papar Guru Besar UIN-SU itu.

Milad ke-6 FKM UIN-SU Medan
Akademika FKM UIN-SU Medan dan mahasiswa

Prof. Syafaruddin mengajak seluruh civitas akademika bersama unsur pimpinan fakultas terus meningkatkan komitmen, dan kerjasama yang baik dalam mewujudkan visi, misi dan tujuan menjadikan FKM yang unggul dengan membangun iklim dan budaya mutu yang unggul untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dengan berbasis WAHDATUL ‘ULUM, mewujudkan integrasi ilmu dan iman untuk mengembangkan pengetahuan bidang kesehatan masyarakat sesuai dengan kesatuan sumber pengetahuan dari Allah SWT.

“Arah kebijakan ini dimaksudkan untuk menegaskan pengetahuan atau Ilmu kesehatan masyarakat yang bertauhid sedang dikembangkan di UIN SU Medan,” tuturnya mengakhiri. (red)

- Advertisement -

Berita Terkini