Sindy Novela Puteri Indonesia Jambi 2023 Jadi Narasumber Pelatihan Putera dan Puteri Ekowisata Indonesia 2023

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

 

MUDANEWS.COM – Finalis Puteri Indonesia 2023 dan Puteri Indonesia Jambi Sindy Novella menjadi narasumber dalam Pelatihan Masa Pra-Karantina Putera-Puteri Ekowisata Indonesia 2023.

Sebagai seorang Puteri Indonesia dan aktivis lingkungan, Sindy turut serta berbagi perspektifnya mengenai peran anak muda dalam ekowisata, terutama terkait dalam aspek pemulihan lingkungan.

“Ekowisata merupakan konsep pengembangan pariwisata yang tidak hanya mengusung keberlanjutan pelestarian lingkungan, tetapi juga meningkatkan partisipasi masyarakat dalam membangun, mengelola dan mendapat manfaat dari sektor pariwisata,” kata Sindy yang disampaikan kepada peserta kompetisi Putera-Puteri Ekowisata Indonesia 2023.

Selain itu, Sindy juga menyampaikan bahwa ekowisata sudah seharusnya mengikuti tiga prinsip besar demi keberlangsungan lingkungan hidup, yaitu prinsip konservasi, partisipasi, dan ekonomi. Ketiganya memilki keterkaitan satu sama lain.

Namun, majunya ekowisata yang dapat menjaga bahkan memulihkan lingkungan melalui penerapan prinsip tersebut. Menurut Sindy, “tidak dapat dilepaskan dari peranan generasi muda dalam mencari solusi atas krisis iklim yang terjadi hari ini”.

Sindy memberikan contoh pembangunan Rivera Park di Provinsi Jambi yang mampu mengorganisasikan tenaga kaum muda yang aktif dan kreatif untuk menciptakan tempat ekowisata yang mampu memulihkan lingkungan. Hasilnya, taman Rivera Park berhasil menjadi pemenang penghargaan Anugerah Pesona Indonesia 2021 karena kontribusinya dalam melaksanakan restorasi sungai yang rusak akibat dompeng, dan dalam waktu yang bersamaan, membangun berbagai fasilitas yang memanfaatkan bahan-bahan dari alam sekitar area konstruksi taman tersebut.

Sindy, yang terlibat secara aktif dalam pembangunan taman Rivera Park, juga turut serta dalam pemulihan sungai Batanghari dan penanaman berbagai macam tanaman buah untuk membangun sumber ekonomi yang ramah lingkungan.

Aktivitasnya, seperti menjadi host untuk acara Ekspedisi Batanghari, berperan sebagai narasumber dalam berbagai seminar seperti di Universitas Trisakti, Universitas Atmajaya, dan Universitas Indonesia juga dilaksanakan untuk mempromosikan dan mengadvokasikan pemulihan lingkungan yang sedang dilaksanakan di Jambi.

Bahkan, Sindy juga sampai mengambil tema kostum Dewi Batanghari dalam perhelatan Puteri Indonesia 2023 sebagai ekspresi dukungannya atas pemulihan sungai Batanghari.

Dalam penutup acara tersebut, Sindy berharap Putera-Puteri Ekowisata Indonesia 2023 dapat menjadi inspirasi yang sama bagi generasi muda secara luas untuk menumbuhkan kepedulian atas lingkungan.

- Advertisement -

Berita Terkini