Optimalisasi Digitalisasi pada UMKM Sanghui, Paras Furniture dan Di & Din Collection

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

 

MUDANEWS.COM, BOGOR – Pelaksanaan KKN (Kuliah Kerja Nyata) kelompok 21 Universitas Djuanda Bogor merupakan salah satu program pendidikan dalam pengabdian masyarakat oleh mahasiswa yang dilaksanakan di UMKM Sanghui Sukabumi, Paras Furniture Bekasi dan Di & Din Collection Jakarta.

Dengan beberapa bidang yang digeluti yakni makanan ringan, furniture dan pakaian, kegiatan unggulan yang digagas adalah pendampingan UMKM dalam digitalisasi baik dalam pemasaran dan keuangan serta perizinan produk usaha.

Agtariza selaku Ketua Kelompok 21 menjelaskan program kerja yang dilaksanakan “pada UMKM Di & Din Collection kami melakukan pembuatan market place shopee, penanda pada google my business dan rebranding logo. Pada paras furniture pembuatan laporan keuangan, pembuatan website dan foto-foto produk baru. Sedangkan pada Sanghui membuat akun shopee dan Tokopedia, pembuatan laporan keuangan, pembuatan website serta perizinan NIB dan PIRT,” imbuhnya.

Ia menyampaikan, tujuan dari kegiatan ini yakni untuk membantu para UMKM dalam bersaing di era digital dengan mengoptimalkan media digital yang ada dan memasarkan dengan jangkauan yang lebih luas agar konsumen dapat mengetahui tentang usahanya.

Bapak Cecep Nurma selaku owner Sanghui berharap dengan adanya kegiatan KKN ini dapat membantu usahanya “Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi usaha kami dalam bagian pemasaran serta mengembangkan usaha kami agar keputusan pembelian pada konsumen umkm kami semakin meningkat dan kami dapat meningkatkan laba usaha kami dimasa pandemi ini,” ujarnya.

Para pelaku UMKM merasa senang dengan kehadiran mahasiswa dalam kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) ini.

- Advertisement -

Berita Terkini