Stok Bawang Merah Banyak, Harga Pun Turun

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Jika membandingkan harga bawang merah pada bulan Juli, memang harga bawang merah saat ini lebih rendah dibandingkan dengan harga sekitar sebulan yang lalu.

“Penurunan harga bawang merah saat ini lebih banyak dipicu oleh melimpahnya pasokan bawang merah yang ada di luar Sumatera Utara. Khususnya bawang merah dari Jawa dan Solok Sumatera Barat,” kata Pengamat Ekonomi Gunawan Benjamin di Medan, Sumatera Utara, Rabu (30/8/2023).

Di sisi lainnya, lanjut Benjamin, bawang merah yang dihasilkan dari Sumut juga mengalami peningkatan. Seperti dari silalahi. Dan panen bawang merah dari sejumlah wilayah dataran rendah juga ada seperti dari petani di wilayah Deli Serdang meskipun angkanya terbilang tidak begitu signifkan. Musim panen bawang merah sendiri biasanya memang kerap terjadi pada bulan Juli.

Di bulan Mei musim tanam bawang merah mulai terjadi sejumlah wilayah di tanah air. Pengaruh cuaca juga sangat berperan dimana menjelang pertengahan tahun merupakan periode yang bagus untuk menanam bawang merah. Untuk harga bawang merah sendiri, di pasar induk memang harganya sudah menyentuh 15 ribu per Kg.

“Sementara itu, untuk harga bawang merah di tingkat konsumen sesuai dengan pantauan PIHPS. Rata rata harga bawang merah di kota Medan dijual di kisaran 23.700 per Kg, sekaligus menjadi harga yang paling murah untuk wilayah kota di Sumatera Utara. Sementara itu, yang paling mahal ada di kota Sibolga yang mencapai 35.750 per Kg,” jelasnya Benjamin.

Namun, lanjut Benjamin, jenis bawang merah ini ada banyak yang dijual di pasaran. Bawang dari Brebes ini masih punya segmentasi pasar sendiri di wilayah Sumut. Sehingga bisa saja masyarakat menemukan ragam harga bawang merah di pasar. Hal tersebut merupakan sesuatu yang lumrah terjadi. Dan penurunan harga bawang merah saat ini, terjadi di tengah musim panen raya. Jadi masih ada potensi harganya untuk kembali naik.

“Berdasarkan hitungan saya, harga pokok produksi bawang merah di level petani itu ada di harga 17.326 per Kg. Sehingga kalau mengacu kepada harg ayang terbentuk di pasar induk sebesar 15 ribu per Kg. Bisa disimpulkan bahwa petani bawang merah tengah mengalami kerugian pada saat ini,” jelasnya.

- Advertisement -

Berita Terkini