Jelang Rilis Data Penting dan Bangkrutnya Perbankan, IHSG dan Rupiah Melemah Namun Emas Naik

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan –Kinerja pasar keuangan pada perdagangan hari ini mengalami tekanan, setelah sehari perdagangan sebelumnya juga ditransaksikan di teritori negatif. Pelaku pasar masih mencermati langkah Gubernur Bank Sentral AS terkait penetapan suku bunga acuan yang akan diputuskan pada hari Rabu waktu AS. Dan tentunya pasar juga menanti testimoni The FED seiring dengan kondisi ekonomi AS yang terpukul belakangan ini.

Hal itu diungkapkan Analis Pasar Keuangan Gunawan Benjamin di Medan, Sumatera Utara, Rabu (3/5/2023).

“IHSG sendiri mengalami pelemahan dalam dua hari perdagangan terakhir. Dimana pada sesi pertama perdagangan hari ini, IHSG bahkan sempat terpukul hingga ke level 6.800. Dan ditutup melemah 0.74% di level 6.812,72,” jelas Benjamin.

Sementara itu, kata Benjamin, mata uang rupiah juga ditransaksikan melemah jika dibandingan dengan kinerjanya pada perdagangan akhir pekan sebelumnya. Namun pada hari ini rupiah masih mampu membukukan penguatan terhadap US Dolar. Dimana rupiah ditransaksikan di kisaran harga 14.670 per US Dolar pada perdagangan sore.

“Rilis data inflasi nasional oleh BPS pada hari selasa tidak memberikan banyak perubahan bagi kinerja pasar keuangan. Karena pelaku pasar sudah memprediksikan kinerja inflasi jauh hari sebelumnya. Akan tetapi, rilis data pertumbuhan ekonomi di akhir pekan nantinya akan jadi pembeda. Meski demikian kinerja pasar keuangan di tanah air akan lebih banyak dipengaruhi oleh sentimen eksternal,” kata Benjamin.

Di akhir pekan, ungkapnya, gejolak pasar keuangan masih sangat rentan bergerak di teritori negatif. Meksipun bisa saja berbalik menguat seandainya The FED mengisyaratkan kebijakan yang dinilai lebih pro pasar. Namun saya memproyeksikan bahwa AS masih akan memicu “kegaduhan” di pasar keuangan dunia. Benjamin memproyeksikan The FED masih mengisayarakatkan adanya kenaikan suku bunga acuan jika dibutuhkan.

“Saya melihat masiha da ketidakpastian pasar sekalipun bunga acuan dinaikkan. Karena sejumlah masalah fundamental yang terus berkembang saat ini mengarahkan pada perlambatan ekonomi maupun resesi yang memberikan implikasi buruk bagi kinerja pasar keuangan. Sehingga pasar masih tetap berpeluang bergejolak dengan tetap menyisahkan potensi penurunan kinerja di tahun ini,” kata Benjamin.

Di sisi lain, jelas Benjamin, harga emas dunia berbalik menguat pada perdagangan pekan ini. Emas menguat dikisaran $2.015 per ons troy, setelah terjadi kebangkrutan pada First Republic Bank di AS. Kebangkrutan tersebut menambah deret panjang masalah perbankan di AS.

“Yang pada akhirnya memicu migrasi investor untuk lebih memburu emas dibandingkan memegang US Dolar. Jika mengacu pada kinerja mata uang rupiah, maka harga emas pada hari ini ditransaksikan dikisaran 954 ribu per gramnya,” kata Benjamin.

(red)

- Advertisement -

Berita Terkini