Danau Toba, jadi DPSP Pertama Pengguna Layanan Energi Terbarukan PLN

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Medan – Penandatanganan Kerjasama (MoU) dalam hal Layanan Renewable Energy Certificate (REC) antara BPODT (Badan Pelaksana Otorita Danau Toba) dan PT PLN (Persero) resmi dilakukan oleh Direktur Utama BPODT dan Manager UP3 (Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan) PLN (Persero) Pematang Siantar di kantor BPODT Medan Jalan Kapten Pattimura, Kamis (01/12/2022).

Dalam upaya mewujudkan wisata ramah lingkungan serta mendukung Danau Toba sebagai tujuan wisata berbasis Sustainable Tourism, Badan Pelaksana Otorita Danau Toba dan PT PLN (Persero) sepakat untuk melakukan penandatanganan kerjasama Layanan Renewable Energy Certificate di kantor BPODT. Danau Toba melalui BPODT adalah Destinasi Super Prioritas Pertama (DPSP) yang menggunakan Layanan REC dari PLN untuk kawasan Toba Caldera Resort.

REC merupakan salah satu inovasi produk hijau PLN untuk mempermudah pelanggan dalam mendapatkan pengakuan atas penggunaan EBT yang transparan, akuntable dan diakui secara internasional serta tanpa harus mengeluarkan biaya investasi untuk pembangunan infrastruktur.

Danau Toba, jadi DPSP Pertama
Direktur Utama BPODT Jimmy Panjaitan, Manager UP3 PLN Pematang Siantar Petrus Gading Aji, Senior Manager Niaga PLN Nova Sagita dan Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu, Bisman Ritonga, Direktur Industri Pariwisata dan Kelembagaan Pariwisata (Foto: Istimewa)

Direktur Utama BPODT Jimmy Panjaitan menyampaikan, isu lingkungan adalah isu global yang sedang hangat diperbincangkan oleh segala lini perekonomian, terkhusus untuk pariwisata wisatawan sekarang sangat concern akan sustainable tourism dan green energy.

“Yang namanya pariwisata berkelanjutan adalah pariwisata dari hulu ke hilir. Program ini adalah bentuk pelaksanaan dari sisi hilir yang kami lakukan, dan kedepan kami akan sekaligus mengkampanyekan penggunaan energi terbaharukan atau green energy , dan harapannya kita bisa mewujudkan green energy and sustainable tourism,” ujar Jimmy.

Disampaikan oleh Manager UP3 PLN Pematang Siantar Petrus Gading Aji, hari ini BPODT menjadi pelanggan pertama REC sekaligus Danau Toba menjadi DPSP pertama yang menggunakan layanan REC.

“Untuk Renewable Energy khusunya industri dan bisnis juga sudah bergabung dalam layanan ini, seperti Nike, UNIQLO, H&M. Dapat kami sampaikan kami sebenarnya tidak sendiri, kami menggandeng 3 (tiga) lembaga Internasional yaitu CPIA, APX dan TIGRs,” tutur Petrus.

Senada dengan Petrus Aji, Senior Manager Niaga PLN Nova Sagita merasa sangat bangga. “Kebanggaan bagi Sumut untuk membangun ekosistem Green Energy, Green Tourism bahkan Green Investment, Sumatera Utara sudah sangat siap untuk pengembangan energi hijau. Kerjasama ini kita berharap memberi dampak kepada lingkungan dan kelangsungan generasi kedepan,” ujar Nova.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu, Bisman Ritonga, Direktur Industri Pariwisata dan Kelembagaan Pariwisata serta Direktur Pemasaran Pariwisata BPODT. Kedepannya bentuk kerjasama PLN dan stakeholder dalam mengembangkan ekosistem hijau diharapkan akan semakin meluas untuk mewujudkan Sustainable Tourism. (red)

- Advertisement -

Berita Terkini