Perbedaan Asuransi TLO dan All Risk Serta Kelebihan dan Kekurangannya

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Jakarta – Asuransi mobil merupakan salah satu jenis asuransi yang perlu dimiliki oleh Anda, terlebih lagi jika sering beraktivitas menggunakan mobil.

Asuransi ini dimaksudkan untuk melindungi mobil Anda dari segala macam kerusakan yang mungkin terjadi, mulai dari kerusakan ringan, sedang, hingga berat. Asuransi mobil sendiri memiliki dua jenis, yaitu asuransi TLO (Total Loss Only) dan asuransi All Risk.

Pengertian asuransi TLO penting diketahui untuk Anda yang berencana ingin membeli produk proteksi satu ini. Dalam artikel berikut ini Anda dapat mengetahuinya.

Tak hanya itu saja, Anda yang berdomisili di Jakarta bisa mengetahui cara cek dan bayar pajak online Jakarta.

Apa Itu Asuransi TLO

Asuransi TLO (Total Loss Only) merupakan jenis asuransi kendaraan yang menanggung biaya perbaikan mobil di atas 75% hingga risiko kehilangan, sehingga akan sangat cocok untuk Anda yang ingin melindungi kendaraan dari segala risiko kerusakan yang berat. Jenis asuransi TLO ini bisa dibilang banyak diminati karena menawarkan premi yang lebih rendah.

Namun, jika kerusakan yang dialami tidak separah itu, maka klaim dari asuransi ini tidak akan diterima. Asumsi 75% diambil jika kondisi mobil Anda sudah tidak layak pakai atau bahkan tidak bisa digunakan sama sekali.

Apa Itu Asuransi All Risk?

Asuransi All Risk merupakan salah satu jenis asuransi yang bisa diartikan sebagai perlindungan mobil dari segala resiko. Layanan asuransi ini akan membayar klaim atas insiden yang terjadi pada mobil Anda, apapun jenis kerusakan yang dialami.

Kategori perlindungan yang diberikan oleh asuransi All Risk dimulai dari kerusakan ringan seperti mobil lecet, hingga kerusakan dalam kategori berat, seperti kehilangan atau pencurian.

Selain itu, asuransi All Risk juga akan memberikan perlindungan jika Anda menabrak kendaraan lain pada saat di jalan atau biasa juga disebut sebagai tanggung jawab pihak ketiga.

Keuntungan dan Kekurangan Asuransi TLO

Kelebihan pertama yang diberikan oleh asuransi TLO adalah biaya preminya yang tergolong cukup rendah. Biaya ini tentunya disesuaikan dengan layanan asuransi yang hanya mencakup sebagian jenis kerusakan mobil saja.

Untuk kekurangan dari asuransi TLO adalah sebagai berikut :

1. Klaim asuransi yang hanya bisa dilakukan pada saat mobil mengalami kecelakaan dan mengalami kerusakan sebesar 75% atau lebih.

2. Jika mobil hanya mengalami kecelakaan ringan, maka asuransi tidak bisa diklaim atau sama saja mobil Anda tidak memiliki asuransi untuk melindunginya, jadi akan terasa percuma jika Anda memiliki asuransi TLO ini.

3. Klaim asuransi tidak akan cair 100%, karena penurunan nilai jual yang menyusut setiap tahunnya. Biasanya, dana asuransi TLO yang bisa dicairkan berkisar antara 70% hingga 80% saja.

Keuntungan dan Kekurangan Asuransi All Risk

Keuntungan yang paling utama dari asuransi All Risk adalah perlindungan mobil secara total yang akan Anda dapatkan jika mobil mengalami suatu peristiwa atau kecelakaan dari mulai yang terkecil hingga yang terbesar.

Bahkan, Anda tidak perlu lagi mengkategorikan kecelakaan mobil yang dialami. Pada saat insiden terjadi, Anda hanya perlu melaporkannya dan melakukan klaim asuransi, maka pihak perusahaan asuransi akan menanggung semua biaya yang diperlukan untuk perbaikan mobil Anda.

Dengan keuntungan tersebut, asuransi All Risk ini bisa menjadi pilihan yang sangat tepat bagi Anda yang tidak ingin repot, karena telah memberikan jaminan dari berbagai macam kerusakan yang mungkin terjadi pada mobil Anda. Mobil yang menggunakan asuransi All Risk pastinya akan jauh lebih terjamin.

Sebanding dengan keuntungan yang diberikan, kekurangan dari asuransi All Risk ini adalah biaya premi yang lebih mahal jika dibandingkan dengan asuransi TLO.

Hal ini terjadi karena asuransi All Risk akan memberikan perlindungan total pada mobil Anda, sehingga menjadi hal yang wajar jika biaya premi bulanan atau tahunan yang harus dikeluarkan akan jauh lebih mahal.

Biasanya, asuransi All Risk ini akan kurang cocok untuk orang yang menggunakan mobil LCGC (Low Cost Green Car) dan kendaraan yang sejenis. Namun, jika Anda menggunakan mobil yang terbilang mewah, maka tidak ada alasan lagi untuk tidak menggunakan asuransi All Risk untuk melindungi mobil Anda.

Demikianlah penjelasan mengenai perbedaan antara asuransi TLO (Total Risk Only) dengan asuransi All Risk lengkap dengan berbagai macam kelebihan dan juga kekurangan dari keduanya.

Berbicara mengenai asuransi dan mobil, tentunya bagi Anda yang memiliki mobil akan diwajibkan untuk membayar pajak.

Saat ini, cara untuk membayar pajak bisa dilakukan secara langsung (offline) dan juga secara online dari manapun Anda berada. Semoga informasinya bisa membantu!

(red)

- Advertisement -

Berita Terkini