13 Kelompok Tani di Ciamis, Dapat Bantuan Alat Mesin

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Ciamis – Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra, menyerahkan bantuan alat mesin pertanian kepada 13 Kelompok Tani di Kabupaten Ciamis.

Alat mesin pertanian tersebut berupa Traktor roda dua, pompa air, dan cultivator, yang diserahkan secara simbolis di Aula Dinas Pertanian Ciamis, Selasa (03/08/2021).

Diketahui bantuan alat mesin pertanian tersebut berasal dari APBN Tahun 2021, untuk mendukung upaya meningkatkan produksi komoditas pertanian di Kabupaten Ciamis.

13 Kelompok Tani di Ciamis
Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra menyerahkan engkol mesin secara simbolis kepada petani

Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra, mengatakan sangat mengapresiasi seluruh petani Ciamis, karena sampai saat ini masih bisa bertahan dari hantaman pandemi Covid-19.

“Walau bagaimanapun dengan keberadaan petani secara umum Kabupaten Ciamis, masih bisa bertahan dari hantaman pandemi Covid-19, dibandingkan dengan Daerah lain,” ungkap Yana.

Yana, menerangkan pertumbuhan ekonomi Ciamis, tidak pernah minus, meskipun ada inflasi tapi tidak terlalu tinggi.

Hal tersebut dibuktikan dengan perolehan penghargaan terbaik ke 2 tingkat Provinsi Jawa Barat, kategori Kabupaten/Kota, terbaik dalam pengendalian non inflasi.

“Sudah menjadi kewajiban kami untuk lebih memperhatikan keberadaan petani. Penyerahan alsintan ini adalah sebagai bentuk perhatian dan kepedulian pemerintah agar pertanian Ciamis, bisa lebih baik lagi,” jelas Yana.

Yana, berharap bantuan alsintan ini dapat membantu kerja petani, dan mendukung peningkatan produktivitas hasil pertanian, serta memangkas biaya produksi pertanian di Kabupaten Ciamis.

”Alat alat pertanian yang di berikan ini harus benar- benar bermanfaat, dan dapat menunjang hasil dari pertanian yang ada di Kabupaten Ciamis,” harap Yana.

13 Kelompok Tani di Ciamis
Wakil Bupati Ciamis, Yana D Putra didampingi Kepala Dinas Pertanian, dan Ketahanan Pangan, Kabupaten Ciamis, Slamet Budi Wibowo foto bersama dengan petani

Kepala Dinas Pertanian, dan Ketahanan Pangan, Kabupaten Ciamis, Slamet Budi Wibowo, mengatakan dengan alat mesin pertanian diharapkan dapat mempersingkat waktu pengolahan tanah, dan mempercepat penanaman serta dapat menghemat ongkos tenaga kerja.

Ia melaporkan melalui anggaran APBN Tahun 2021, Dinas pertanian Ciamis, mendapat alokasi alat mesin pertanian diantaranya traktor roda dua, cultivator, pompa air 6, pompa air 3, dan rice transplanter.

Sementara yang sudah ada, dan akan di distribusikan hari ini yaitu 5 unit traktor, 3 unit cultivator, dan 5 unit pompa air 6.

“Kami berharap para kelompok tani dapat memanfaatkan bantuan tersebut dengan sebaik-baiknya, serta dapat membantu keberlangsungan budidaya pertanian di lingkungan kelompok tani masing – masing,” pungkasnya. (BQ)

- Advertisement -

Berita Terkini